16.33   BagusLabs®™   ,    No comments


Jakarta - Kasus akun FB yang dibajak seperti yang dialami Jimly Ashiddiqie bukan yang pertama di Indonesia. Mudahnya pembajakan dan penipuan via FB di Indonesia disebabkan kesadaran IT Security pengguna yang masih lemah.

"Permasalahan utama kenapa sering terjadi FB hijacking account di negara kita, karena lemahnya kesadaran akan IT Security," ujar pakar IT Ruby Alamsyah kepada detikINET, Jumat (22/10/2010).

Menurut Ruby, kesadaran soal IT Security bagi pengguna internet sangat penting dimiliki. Meskipun FB maupun YM (Yahoo Messenger) telah dilengkapi security yang memadai.

"FB punya security global dan cukup baik, makanya bahasa saya tadi adalah kita masih dalam proses IT Security Awareness," jelas Ruby.

Ruby mengatakan, meski FB, gmail, yahoo dan lainnya sudah memiliki feature security yang baik. Tapi semua itu tidak akan optimal hasilnya bila tidak didukung pengetahuan IT security user sendiri.

"Istilahnya, SEC_RITY is Not complete without 'U'," tegasnya.

Ruby mencontohkan salah satu lemahnya tingkat IT Security pengguna internet yakni masih menggunakan password yang mudah dan ditebak. Seperti diketahui, Jimly mengaku menggunakan password tanggal lahirnya untuk akun FB Jimly Tiga yang kini sudah dibajak.

"Itu salah satunya yang paling mudah diselidiki pembajak," imbuhnya.

Jimly melaporkan pembajakan akun FB ke Bareskrim Mabes Polri dengan tuduhan pencurian akun FB, penipuan, dan pencemaran nama baik. Jimly mengaku mendapat laporan akun FB miliknya 'Jimly Tiga' telah digunakan seseorang untuk menipu para koleganya.

Laporan ini diterima Bareskrim dengan nomor polisi LP/638/X 2010/Bareskrim tertanggal 21 Oktober 2010 dengan pihak terlapor Hendra (hacker).

Pihak terlapor diduga melanggar pasal 27 ayat 3 jo pasal 45 ayat 1, pasal 28 ayat 1 jo pasal 45 ayat 2, pasal 30 ayat 1, pasal 46 ayat 1, dan pasal 36 jo pasal 51 ayat 2 UU ITE.

( ape / eno )

0 komentar:

Posting Komentar

Kursus HP Jogja

PAKET PILIHAN HEMAT BELAJAR SERVIS SESUAI KEBUTUHAN

1. Paket Software, mendapatkan tutorial dan file Software 4 Tera Data (belum termasuk HDD) Biaya Rp. 1.000.000 (belajar sendiri)

2. Paket Hardware, mendapatkan SpyBerry Tutorial Hardware dalam bentuk flasdisk 8Gb Biaya Rp. 1.500.000 (belajar sendiri)

3. Paket Pelatihan Software, mendapatkan tutorial dan file Software 4 Tera Data (belum termasuk HDD) Biaya Rp. 1.500.000 Waktu Pelatihan 6 hari

4. Paket Pelatihan Hardware, mendapatkan SpyBerry Tutorial Hardware dalam bentuk flasdisk 8Gb Biaya Rp. 2.000.000 Waktu Pelatihan 6 hari

5. Paket Pelatihan Software, mendapatkan tutorial dan file Software 4 Tera Data (belum termasuk HDD) Biaya Rp. 3.000.000 Waktu Pelatihan 30 hari

6. Paket Pelatihan Hardware, mendapatkan SpyBerry Tutorial Hardware dalam bentuk flasdisk 8Gb Biaya Rp. 4.000.000 Waktu Pelatihan 30 hari

INFO : www.KursusHP.com

SpyBerry Tutorial Hardware

Hdd 4 Terabyte Data

Alamat Pelatihan :

BagusLabs Flasher
Jl. Pamungkas km.2
Telp/Wa 0899 506 9969
Yogyakarta

Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kita semua

KursusHP.com

Popular Posts