KursusHP ServisHP Servis EMMC Ganti EMMC kursus teknisi handphone kursus reparasi handphone kursus servis handphone kursus bongkar pasang handphone kursus ganti LCD handphone kursus ganti baterai handphone kursus ganti kamera handphone kursus ganti flash handphone kursus ganti speaker handphone kursus ganti port charger handphone kursus ganti komponen handphone lainnya kursus teknisi handphone murah kursus teknisi handphone cepat kursus teknisi handphone bergaransi kursus teknisi hanpphone dekat

Kamis, 28 Oktober 2010

Kapan Era Cloud Computing Marak di Indonesia?


Phillip Sargeant (eno/inet)

Jakarta - NetApp Solution Daya 2010 yang diselenggarakan di Ritz Carlton, Kamis (28/10/2010), dihadiri oleh sejumlah perusahaan Teknologi Informasi (TI) ternama seperti Cisco, Citrix, Fujitsu atau pun VMware. Layanan berbasis cloud computing pun menjadi topik hangat para pelaku bisnis tersebut.

Meski bukan hal baru, namun layanan berbasis cloud yang banyak ditawarkan oleh sejumlah vendor dianggap sudah cukup pantas diadopsi, paling tidak itulah riset yang dibeberkan oleh Gartner.

"Cloud computing itu tidak bisa dihindari, dengan menggunakan layanan tersebut para pelaku industri akan lebih meningkatkan efisiensi perusahaannya, terutama untuk kelas UKM," jelas Phillip Sargeant, Research VP Gartner kepada sejumlah wartawan.

Lantas, jika sudah banyak vendor yang menyodorkan semua penawarannya, kapan era cloud computing di Indonesia akan dimulai?

"Itu semua tergantung kebutuhan, kalo hanya data yang tidak confidential hari ini pun bisa dimulai. Namun jika memerlukan sistem keamanan yang baik maka bisa dimulai beberapa tahun ke depan. Tergantung dari layanan yang dibutuhkan," pungkas Sargeant.

Cloud computing memang 'mainan' hangat para pelaku industri jaringan komputer. Bisnis berbasis internet itu pun percaya bakal semakin ramai seiring dengan murahnya harga bandwidth.

Menurut data Gartner, di tahun 2010 ini diperkirakan nilai bisnis dari pemanfaatan teknologi internet untuk menyediakan sumber komputing itu secara global mencapai USD 80 miliar dengan tingkat pertumbuhannya setiap tahun sebesar 25 persen dalam jangka waktu lima tahun mendatang. ( eno / ash )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages