KursusHP ServisHP Servis EMMC Ganti EMMC kursus teknisi handphone kursus reparasi handphone kursus servis handphone kursus bongkar pasang handphone kursus ganti LCD handphone kursus ganti baterai handphone kursus ganti kamera handphone kursus ganti flash handphone kursus ganti speaker handphone kursus ganti port charger handphone kursus ganti komponen handphone lainnya kursus teknisi handphone murah kursus teknisi handphone cepat kursus teknisi handphone bergaransi kursus teknisi hanpphone dekat

Rabu, 27 Oktober 2010

Microsoft Incar Acer dan Asus Soal Paten Android


(Ist)

Jakarta - Microsoft dikabarkan memperluas gugatan pelanggaran hak paten yang diklaim miliknya pada sistem operasi (OS) mobile Android. Setelah menggugat Motorola, raksasa software itu kini mengincar Acer dan Asus.

Surat kabar Taiwan, Commercial Times melaporkan bahwa Microsoft telah melayangkan gugatan terhadap dua vendor asal Taiwan tersebut terkait dengan penggunaan Android pada smartphone besutan keduanya.

"Perwakilan Microsoft di Taiwan meminta royalti untuk penggunaan paten tersebut," demikian laporan Commercial Times.

Mendengar laporan ini, pihak Asus melalui pernyataan resmi dengan tegas menyangkalnya dan mengatakan bahwa perusahaan mereka sangat menghargai hak kekayaan inteletual. Sementara Acer, menolak untuk memberi komentar.

Microsoft sendiri, dilansir PC Advisor dan dikutip detikINET, Rabu (27/10/2010), hingga saat ini belum memberikan pernyataan resmi soal benar tidaknya gugatan yang dilayangkan kepada Acer maupun Asus.

Seperti diketahui, awal bulan ini Microsoft resmi melayangkan gugatan terhadap Motorola, mengklaim bahwa smartphone Android besutan vendor ponsel asal Amerika Serikat (AS) itu telah melanggar sembilan paten Microsoft.

Namun kasus gugatan hak paten ini seolah menguap begitu saja. Motorola sendiri terkesan santai menanggapinya, bahkan secara terbuka menyatakan kesiapannya menyambut OS mobile terbaru Microsoft, Windows Phone 7.

Berkenaan dengan Android sendiri, ini bukan pertamakalinya OS milik Google itu menuai gugatan. Sebelumnya, Apple juga menuntut pembuat handset HTC dengan alasan smartphone Android HTC telah melanggar beberapa hak paten milik Apple.

Perusahaan lain yang melayangkan gugatan adalah Oracle. Berbeda dengan Microsoft dan Apple, Oracle mengajukan gugatannya langsung ke Google, sang pemilik OS. Oracle kala itu menyebutkan, Android menggunakan teknologi yang sama seperti yang ada pada Java miliknya. ( rns / ash )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages