KursusHP ServisHP Servis EMMC Ganti EMMC kursus teknisi handphone kursus reparasi handphone kursus servis handphone kursus bongkar pasang handphone kursus ganti LCD handphone kursus ganti baterai handphone kursus ganti kamera handphone kursus ganti flash handphone kursus ganti speaker handphone kursus ganti port charger handphone kursus ganti komponen handphone lainnya kursus teknisi handphone murah kursus teknisi handphone cepat kursus teknisi handphone bergaransi kursus teknisi hanpphone dekat

Jumat, 29 Oktober 2010

Pesta Blogger+ 2010 Desainer Asal Bandung Hadiahkan Game untuk Pesta Blogger


BoGa Bloggers (eko nugroho)

Jakarta - Pesta Blogger+ 2010 akan digelar Sabtu (30/10/2010). Bertepatan dengan ajang itu, desainer game Eko Nugroho dari Kummara, Bandung memberi 'kado' berupa game dengan nama 'BoGa Bloggers'. Simak tulisannya berikut ini:

Apa jadinya kalau 1000 lebih blogger berpesta? Heboh dan seru pastinya, dan itu yang bakal terjadi tanggal 30 Oktober besok di Epicentrum Walk, Rasuna Said, Jakarta Selatan, tempat utama perayaan pesta blogger tahun 2010. Lalu apa jadinya kalau blogger membuat board game untuk para blogger yang sedang berpesta? Mungkin bisa jadi kado istimewa yang ikut menambah semaraknya pesta.

BoGa Bloggers adalah satu board game yang dirilis khusus untuk merayakan hari Blogger Nasional dan ikut meramaikan Pesta Blogger 2010. Kata BoGa sendiri merupakan kependekan dari Board Game, tetapi bukan hanya itu – 'boga' dalam bahasa sunda juga berarti milik. Sesuai dengan judulnya, board game ini mengangkat tema tentang blogging lengkap dengan berbagai tantangan dan aspek menarik yang ada di dalamnya.

Dalam board game ini setiap pemain berperan sebagai sebagai seorang blogger yang masing-masing menulis topik spesifik dalam blognya. Ada enam topik blog yang tersedia: personal, teknologi, perjalanan, hiburan, bisnis, dan politik. Masing-masing topik tersebut kemudian digambarkan menjadi sebuah papan permainan yang menarik bagi tiap pemain.

Pada gilirannya setiap pemain perlu mencari ide untuk tulisannya. Ide-ide tulisan ini dituangkan dalam bentuk kepingan-kepingan segi empat yang berisi ilustrasi text, gambar, video, dan link. Setiap topik blog memiliki karakteristik artikel yang berbeda-beda, sebagian lebih banyak menampilkan gambar, sebagian lain lebih banyak menampilkan video, dan lainnya lebih mengutamakan tautan (link).

Membagi komentar serta blogwalking juga menjadi bagian penting dalam mekanisme permainan. Setiap pemain kemudian juga memiliki kesempatan untuk mencari dan membagi ide tulisannya di social media world.

Dengan tema dan komponen yang sama BoGa Bloggers menyediakan dua mekanisme permainan yang berbeda dan faktor ini yang menjadikan BoGa Bloggers menjadi sangat unik. Satu mekanisme permainan dibuat sangat sederhana dan menyenangkan, mekanik lainnya menawarkan pilihan strategi yang begitu luas dan dinamis.

Selain itu, BoGa Bloggers juga disusun dengan komponen yang sangat sederhana. Setiap orang akan dengan mudah membuat dan bisa merasakan tantangan untuk menapaki blogger's path to eternity (papan skoring utama) yang melambangkan bahwa setiap tulisan/artikel yang ditulis seorang blogger akan tetap abadi dan menjadi sesuatu yang berarti.

Semoga BoGa Bloggers bisa ikut menambah semarak pesta blogger tahun ini dan tahun-tahun berikutnya. Selamat berpesta Blogger Indonesia!
Eko Nugroho Tentang Penulis: Eko Nugroho adalah Editor Kummara dan Staf Pengajar Statistika di Universitas Padjadjaran, Bandung.


Info Game
  • Judul : BoGa Bloggers
  • Desainer: Kanty Kusmayanty & Eko Nugroho
  • Ilustrator: Brendan Satria A.
  • Pemain: 2-6 pemain
  • Lama permainan: 30-60 min
  • Didistribusikan terbatas oleh Kummara
( wsh / wsh )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages