KursusHP ServisHP Servis EMMC Ganti EMMC kursus teknisi handphone kursus reparasi handphone kursus servis handphone kursus bongkar pasang handphone kursus ganti LCD handphone kursus ganti baterai handphone kursus ganti kamera handphone kursus ganti flash handphone kursus ganti speaker handphone kursus ganti port charger handphone kursus ganti komponen handphone lainnya kursus teknisi handphone murah kursus teknisi handphone cepat kursus teknisi handphone bergaransi kursus teknisi hanpphone dekat

Jumat, 15 Oktober 2010

Tweet Selebriti Ciptakan 'Ilusi'?


Britney Spears (Ist.)

Jakarta - Bukan rahasia lagi bila para selebriti menggunakan fasilitas layanan media sosial seperti Facebook ataupun Twitter untuk menyapa semua penggemarnya. Namun, seorang peneliti asal Universitas Leicester Inggris justru beranggapan bahwa postingan tweet maupun status Facebook mereka hanyalah menciptakan sebuah ilusi.

Seperti dikutip detikINET dari Telegraph, Jumat (15/10/2010), ilusi yang dimaksud rupanya adalah bagaimana jarak yang sesungguhnya jauh antara para seleb dengan penggemar bisa dibuat seolah-olah dekat. Komunikasi virtual itulah yang membuat ilusi jarak kedekatan seorang.

Salah satu peneliti yang bernama Ruth Page mengungkapkan selebriti menggunakan twitter tidak hanya untuk menciptakan ilusi kedekatan dengan penggemar, namun untuk menguatkan status profesional mereka.

Tak hanya itu, rencananya sebanyak 15.000 postingan Facebook dan Twitter dari 30 selebriti populer akan dianalisa secara lebih mendalam untuk mengetahui hubungan pasti antara selebritis dengan para penggemarnya melalui media sosial di dunia maya.

Page mengungkapkan akan meneliti para seleb seperti Stephen Fry, Britney Spears, Sarah Brown, Lily Allen dan Jamie Oliver. Dalam penelitian itu juga akan dketahui bagaimana caranya mereka menceritakan kisahnya melalui berbagai media sosial, termasuk blog, forum diskusi dan Facebook.

"Menceritakan cerita adalah dorongan manusiawi," kata Page. "Melalui media sosial, jutaan orang akan menceritakan kisah mereka setiap hari," tambahnya.

Pun demikian, menurutnya media sosial saat ini adalah fenomena yang luar biasa. Hal tersebut dinilai mampu memperbesar interaksi sosial dengan menyebarkan informasi ke berbagai orang dengan cepat.
( feb / wsh )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages