KursusHP ServisHP Servis EMMC Ganti EMMC kursus teknisi handphone kursus reparasi handphone kursus servis handphone kursus bongkar pasang handphone kursus ganti LCD handphone kursus ganti baterai handphone kursus ganti kamera handphone kursus ganti flash handphone kursus ganti speaker handphone kursus ganti port charger handphone kursus ganti komponen handphone lainnya kursus teknisi handphone murah kursus teknisi handphone cepat kursus teknisi handphone bergaransi kursus teknisi hanpphone dekat

Senin, 25 Oktober 2010

Robot Ajari Siswa di Korea Selatan


Robot Engkey

Jakarta - Sebuah ruang kelas sekolah dasar tampak tertib. Para siswanya tampak tekun mengerjakan tugas, sementara guru memberikan instruksi. Tak seperti guru di sekolah pada umumnya, guru di ruang kelas ini memiliki tubuh terbuat dari plastik dan komponen komputer.

Ini bukanlah adegan dalam film fiksi ilmiah melainkan nyata terjadi di sebuah sekolah di Masan, Korea Selatan. Engkey, demikian nama robot dalam ruangan kelas itu, rupanya tengah mengajar materi bahasa Inggris.

Dilansir CNN dan dikutip detikINET, Senin (25/10/2010), ini adalah bagian dari program percobaan yang diluncurkan pemerintah Korea Selatan. Dalam program ini, murid kelas dua sekolah dasar diajarkan bahasa Inggris oleh robot.

Mun-Taek Choi, peneliti senior di Korea Institute of Science and Technology yang mengembangkan Engkey menyebutkan, hasil evaluasi pemerintah memperlihatkan bahwa sistem robot edukasi ini terbukti efektif membantu meningkatkan minat siswa dan memotivasi mereka dalam belajar bahasa Inggris.

"Sebanyak 36 robot Engkey telah dimasukkan ke 18 sekolah dasar di seluruh Daegu, Korea hingga akhir tahun ini," kata Choi.

Robot berperawakan bulat dan berwarna oranye ini dikendalikan dari jarak jauh oleh guru sungguhan di luar ruangan kelas. Wajah sang guru, tampil pada layar di tubuh Engkey. Nah, robot ini bisa menghubungkan siswa dengan guru di lokasi yang sangat jauh, bahkan di luar negeri.

"Dengan demikian, robot telepresence ini juga membantu mengatasi masalah pengajaran bahasa Inggris di Korea Selatan yang kekurangan pengajar native-speaker," tandas Choi.

( rns / wsh )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages