15.29   BagusLabs®™   ,    No comments

Robot Engkey

Jakarta - Sebuah ruang kelas sekolah dasar tampak tertib. Para siswanya tampak tekun mengerjakan tugas, sementara guru memberikan instruksi. Tak seperti guru di sekolah pada umumnya, guru di ruang kelas ini memiliki tubuh terbuat dari plastik dan komponen komputer.

Ini bukanlah adegan dalam film fiksi ilmiah melainkan nyata terjadi di sebuah sekolah di Masan, Korea Selatan. Engkey, demikian nama robot dalam ruangan kelas itu, rupanya tengah mengajar materi bahasa Inggris.

Dilansir CNN dan dikutip detikINET, Senin (25/10/2010), ini adalah bagian dari program percobaan yang diluncurkan pemerintah Korea Selatan. Dalam program ini, murid kelas dua sekolah dasar diajarkan bahasa Inggris oleh robot.

Mun-Taek Choi, peneliti senior di Korea Institute of Science and Technology yang mengembangkan Engkey menyebutkan, hasil evaluasi pemerintah memperlihatkan bahwa sistem robot edukasi ini terbukti efektif membantu meningkatkan minat siswa dan memotivasi mereka dalam belajar bahasa Inggris.

"Sebanyak 36 robot Engkey telah dimasukkan ke 18 sekolah dasar di seluruh Daegu, Korea hingga akhir tahun ini," kata Choi.

Robot berperawakan bulat dan berwarna oranye ini dikendalikan dari jarak jauh oleh guru sungguhan di luar ruangan kelas. Wajah sang guru, tampil pada layar di tubuh Engkey. Nah, robot ini bisa menghubungkan siswa dengan guru di lokasi yang sangat jauh, bahkan di luar negeri.

"Dengan demikian, robot telepresence ini juga membantu mengatasi masalah pengajaran bahasa Inggris di Korea Selatan yang kekurangan pengajar native-speaker," tandas Choi.

( rns / wsh )

0 komentar:

Posting Komentar

Kursus HP Jogja

PAKET PILIHAN HEMAT BELAJAR SERVIS SESUAI KEBUTUHAN

1. Paket Software, mendapatkan tutorial dan file Software 4 Tera Data (belum termasuk HDD) Biaya Rp. 1.000.000 (belajar sendiri)

2. Paket Hardware, mendapatkan SpyBerry Tutorial Hardware dalam bentuk flasdisk 8Gb Biaya Rp. 1.500.000 (belajar sendiri)

3. Paket Pelatihan Software, mendapatkan tutorial dan file Software 4 Tera Data (belum termasuk HDD) Biaya Rp. 1.500.000 Waktu Pelatihan 6 hari

4. Paket Pelatihan Hardware, mendapatkan SpyBerry Tutorial Hardware dalam bentuk flasdisk 8Gb Biaya Rp. 2.000.000 Waktu Pelatihan 6 hari

5. Paket Pelatihan Software, mendapatkan tutorial dan file Software 4 Tera Data (belum termasuk HDD) Biaya Rp. 3.000.000 Waktu Pelatihan 30 hari

6. Paket Pelatihan Hardware, mendapatkan SpyBerry Tutorial Hardware dalam bentuk flasdisk 8Gb Biaya Rp. 4.000.000 Waktu Pelatihan 30 hari

INFO : www.KursusHP.com

SpyBerry Tutorial Hardware

Hdd 4 Terabyte Data

Alamat Pelatihan :

BagusLabs Flasher
Jl. Pamungkas km.2
Telp/Wa 0899 506 9969
Yogyakarta

Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kita semua

KursusHP.com

Popular Posts