15.49   BagusLabs®™   ,    No comments

(Ist)

Jakarta - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Jimly Asshiddiqie dibajak akun Facebooknya. Pelaku mencuri password milik Jimly dan mengambil alih. Dari banyak contoh kasus pembajakan akun milik publik figur, biasanya pelaku melakukan tindakan itu karena faktor ketidaksukaan.

"Sejauh ini tidak ada yang motifnya menjahati secara kriminal, biasanya karena ketidaksukaan kepada publik figur itu," kata pemerhati media sosial, Enda Nasution saat dihubungi detikcom, Kamis (21/10/2010).

Dia menjelaskan, bagi para pengguna Facebook, termasuk publik figur, semestinya bisa lebih berhati-hati dalam mengelola akunnya, apalagi dalam menggunakan password atau kata sandi.

"Seringkali memang untuk publik figur, pelaku berusaha mengganggu dalam arti meng-hack, mencuri passwordnya. Karena itu, mau nggak mau harus mengatur dengan prinsip kehati-hatian dalam jejaring sosial," terangnya.

Sebenarnya bukan hanya pembajakan akun saja yang marak. Modus lainnya yakni membuat parodi publik figur tersebut. Dan model parodi itu marak di Facebook maupun Twitter.

"Mungkin orang itu tidak suka dengan gaya publik figur yang berlebihan atau tidak seperti aslinya di dunia nyata," jelasnya.

Enda pun menilai tindakan Jimly yang melapor ke polisi sah-sah saja sebagai seorang warga negara. Para pelaku juga agar jera, meskipun selama ini tidak pernah ada yang bisa ditangkap polisi.

"Ke depan agar lebih berhati-hati dengan penggunaan pasword. Kita harus preventif melindungi password kita," imbuhnya.

Selain itu Enda juga mengingatkan agar tidak sembarangan memasang foto di Facebook atau jejaring sosial lainnya. "Anggaplah berhubungan di dunia maya sama dengan di dunia nyata, foto-foto yang dipasang bisa digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab," tandasnya.
( ndr / rns )

0 komentar:

Posting Komentar

Kursus HP Jogja

PAKET PILIHAN HEMAT BELAJAR SERVIS SESUAI KEBUTUHAN

1. Paket Software, mendapatkan tutorial dan file Software 4 Tera Data (belum termasuk HDD) Biaya Rp. 1.000.000 (belajar sendiri)

2. Paket Hardware, mendapatkan SpyBerry Tutorial Hardware dalam bentuk flasdisk 8Gb Biaya Rp. 1.500.000 (belajar sendiri)

3. Paket Pelatihan Software, mendapatkan tutorial dan file Software 4 Tera Data (belum termasuk HDD) Biaya Rp. 1.500.000 Waktu Pelatihan 6 hari

4. Paket Pelatihan Hardware, mendapatkan SpyBerry Tutorial Hardware dalam bentuk flasdisk 8Gb Biaya Rp. 2.000.000 Waktu Pelatihan 6 hari

5. Paket Pelatihan Software, mendapatkan tutorial dan file Software 4 Tera Data (belum termasuk HDD) Biaya Rp. 3.000.000 Waktu Pelatihan 30 hari

6. Paket Pelatihan Hardware, mendapatkan SpyBerry Tutorial Hardware dalam bentuk flasdisk 8Gb Biaya Rp. 4.000.000 Waktu Pelatihan 30 hari

INFO : www.KursusHP.com

SpyBerry Tutorial Hardware

Hdd 4 Terabyte Data

Alamat Pelatihan :

BagusLabs Flasher
Jl. Pamungkas km.2
Telp/Wa 0899 506 9969
Yogyakarta

Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kita semua

KursusHP.com

Popular Posts