KursusHP ServisHP Servis EMMC Ganti EMMC kursus teknisi handphone kursus reparasi handphone kursus servis handphone kursus bongkar pasang handphone kursus ganti LCD handphone kursus ganti baterai handphone kursus ganti kamera handphone kursus ganti flash handphone kursus ganti speaker handphone kursus ganti port charger handphone kursus ganti komponen handphone lainnya kursus teknisi handphone murah kursus teknisi handphone cepat kursus teknisi handphone bergaransi kursus teknisi hanpphone dekat

Senin, 18 Oktober 2010

Gadget Layar Sentuh Rentan Tularkan Penyakit


Apple family (rou/inet)

Jakarta - Perangkat layar sentuh yang sedang ngetren saat ini ternyata rentan jadi media penularan penyakit. Apalagi jika sang pemilik suka meminjam-minjamkannya pada orang lain.

"Jika Anda berbagi perangkat ini, berarti Anda juga berbagi penyakit seperti influenza dengan orang lain yang juga memegangnya," demikian diklaim Timothy Julian, mahasiswa doktoral di Universitas Stanford, Amerika Serikat.

Julian dan beberapa rekan melakukan penelitian terhadap transmisi virus yang dipublikasikan di Journal of Applied Microbiology. Mereka menyimpulkan, bidang layar sentuh di gadget mudah menjadi sarang virus dan menularkan penyakit.

"Jika Anda meletakkan virus di permukaan iPhone, sekitar 30 persen di antaranya akan terambil di jari Anda," jelas Julian yang detikINET kutip dari TheRegister, Senin (18/10/2010). Nah, dari jari inilah virus bisa masuk ke mata, mulut atau hidung penggunanya.

Hal ini cukup berisiko mengingat gadget sudah jadi 'mainan' sehari-hari. Tentu bukan hanya iPhone saja, gadget layar sentuh lain seperti Motorola Droid, iPad BlackBerry Torch atau Samsung Galaxy Tab turut rentan terpapar virus.

Penelitian lain oleh majalah "Which?" juga menyimpulkan ponsel kerap jadi ladang bakteri. Jadi sebaiknya, jangan meminjam-minjamkan perangkat berlayar sentuh atau berisiko ketularan virus.
( fyk / rou )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages