KursusHP ServisHP Servis EMMC Ganti EMMC kursus teknisi handphone kursus reparasi handphone kursus servis handphone kursus bongkar pasang handphone kursus ganti LCD handphone kursus ganti baterai handphone kursus ganti kamera handphone kursus ganti flash handphone kursus ganti speaker handphone kursus ganti port charger handphone kursus ganti komponen handphone lainnya kursus teknisi handphone murah kursus teknisi handphone cepat kursus teknisi handphone bergaransi kursus teknisi hanpphone dekat

Selasa, 19 Oktober 2010

Ternyata Harga Komponen Nokia N8 Cuma Rp 1,6 Jutaan


Nokia N8 (Ist)

Jakarta - Tebak berapa harga komponen Nokia N8 sebelum dipasarkan? Ternyata hanya USD 187,47 atau sekitar Rp 1,6 jutaan. Jika dibanding iPhone 4 ternyata selisihnya hanya 4 sen. Komponen iPhone 4 bernilai total USD 187,51.

Di luar Indonesia, N8 dijual sekitar USD 549 atau Rp 4,9 juta. Sementara iPhone 4 dijual sekitar USD 748 atau sekitar Rp 6,7 juta. Dari biaya komponen yang hanya Rp 1,6 juta, ternyata harga setelah dipasarkan bisa lebih dari dua kali lipatnya. Apa yang membuatnya seperti itu, terlebih untuk handset milik Apple?

Ternyata biaya komponen bukanlah segalanya. Sebagai sebuah perusahaan produsen ponsel, Nokia atau Apple masih menghitung biaya produksi yang dikerjakan karyawannya, biaya pengiriman, budgeting periklanan, biaya pengembangan software, biaya lisensi hak paten, serta biaya riset dan pengembangan di luar harga komponen tadi. Sekarang kita tinggalkan Apple dan berfokus ke Nokia N8.

Sebagai informasi, berdasar data lembaga riset bernama iSuppli yang dikutip detikINET dari mynokiablog, Selasa (19/10/2010), material Nokia N8 diproduksi oleh beberapa pabrikan lain misalnya: Samsung Electronics, Toshiba Corp, serta Texas Instruments.

Nah, untuk material N8 sendiri bagian paling mahal adalah display serta teknologi layar sentuhnya senilai USD 39,25 atau sekitar Rp 349 ribu, yang diproduksi oleh Samsung dengan layar AMOLED nya.

Sementara dari sisi chipset, iSuppli mengungkap harga komponen N8 sebesar USD 22 atau sekitar Rp 197 ribu. Harga tersebut termasuk prosesor buatan Texas Instruments dan Broadcom Corp, yang mendukung teknologi HDMI untuk tampilan output ke HDTV.

Harga komponen memori Nokia N8 adalah USD 37,12 atau senilai Rp 331 ribu. Sementara untuk biaya elemen kamera N8 adalah USD 31,08 atau sekitar Rp 278 ribu.

Sebagai amunisi baru, tentu saja Nokia sangat optimis jika N8 akan mudah diterima pasar. Terlebih jika melirik kamera yang dibenamkan pada handset ini, yang mencapai 12 megapixel, memakai lensa Carl Zeiss, dan flash Xenon. Bahkan, sensor besar pada kamera N8 diklaim sejajar dengan yang dimiliki oleh kamera digital.
( fw / rns )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages