23.10   BagusLabs®™   ,    No comments

ilustrasi (flickr/cc/michale)

Jakarta - Apakah anak-anak jaman sekarang masih kenal dolanan (permainan) yang akrab dengan keriaan masa kecil para orang tua mereka? Rasanya, semakin jarang terlihat bocah-bocah usia sekolah dasar yang asyik bergerombol sepulang sekolah, dengan peralatan perang jadul seperti bekel, karet gelang maupun satu set congklak (dalam bahasa Jawa disebut dakon).

Mudah-mudahan ragam permainan anak itu masih ada, meski di komplek perumahan tempat saya tinggal, keriuhan khas anak-anak itu jarang sekali saya temui. Memang sih, sesekali, jika cuaca sedang bagus, anak-anak komplek kami ini masih bermain layangan.

Itu pun, mereka terpaksa bermain di sepetak tanah sempit, di tepi parit yang membelah komplek perumahan (dan memisahkannya dengan kampung sebelah). Setiap sore, sebelum bocah-bocah itu diteriaki dan dipaksa mandi oleh ibu mereka, masih ramai suara dan tawa anak-anak itu sambil main sepeda, keliling komplek perumahan.

Dulu, saya masih ingat, masa kecil saya sepertinya jauh lebih berwarna. Di luar jam sekolah, kegembiraan seperti tak habis-habisnya. Dolanan kami sangat bermacam-macam. Mulai dari yang memakai alat, seperti disebutkan di atas, ataupun yang 'gak modal' alias tidak melibatkan benda atau alat apa pun.

Ragam dolanan yang masih saya ingat: kejar-kejaran, balapan lari, berjam-jam mandi ramai-ramai di kali sampai kulit menjadi gosong, benteng-bentengan hingga hantu-hantuan. Nah, yang terakhir ini, hanya dimainkan pada malam hari saat bulan penuh, langit sedang jernih, dan auranya cukup seram.

Ada juga permainan musiman. Ada musim karet (gelang), musim layangan, musim kelereng, musim bekel. Entah kenapa pula orang menyebut ‘musim ini’ atau ‘musim itu’. Tak pernah ketahuan juga siapa yang memulai suatu musim dolanan.

Jika sudah terlalu lama dan permainan jadi membosankan, akan datang ‘musim’ yang lain. Musim yang sebelumnya, dengan cepat terlupakan, untuk berulang lagi pada tahun depannya. Demikian berulang-ulang.

Sekarang, rasanya jaman sudah berubah. Bukan salah siapa-siapa juga sih, jika ragam dolanan kuno itu sekarang menghilang. Tontonan di televisi --dari sinetron hingga film kartun Jepang-- mungkin terasa lebih menarik.

Sesuai kodrat, dunia mereka masih dunia kanak-kanak yang seru. Tapi ada yang beda. Dolanan mereka sudah jauh lebih canggih. Bukan lagi congklak, bekel, atau karet gelang. Sekarang mereka mainnya PlayStation, PSP, Wii, XBox, atau game-game yang mereka download gratis di internet.

Saya bukan penggemar game online. Begitupun, kadang saya temani juga anak-anak saya nge-game di depan laptop. Dan favorit kami semua adalah Parampaa, game online buatan Masova, yang asli anak Indonesia. Rasanya juga Indonesia banget. Ya lucunya, ya menyebalkannya.

Konon, dari cerita si pencipta dolanan, eh maksud saya game online ini, Parampaa sudah dimainkan oleh hampir satu juta orang sejak diciptakan pada Desember 2009. Semoga saja, meski aktivitasnya sudah berbeda, riuh dan serunya dunia kanak-kanak tidak lantas menjadi hilang dengan berubahnya dolanan mereka itu.


Venus Tentang Penulis: Venus adalah seorang blogger dan social media specialist. Ia bisa dihubungi di http://venus-to-mars.com atau melalui akun @venustweets di Twitter.
( wsh / wsh )

0 komentar:

Posting Komentar

Kursus HP Jogja

PAKET PILIHAN HEMAT BELAJAR SERVIS SESUAI KEBUTUHAN

1. Paket Software, mendapatkan tutorial dan file Software 4 Tera Data (belum termasuk HDD) Biaya Rp. 1.000.000 (belajar sendiri)

2. Paket Hardware, mendapatkan SpyBerry Tutorial Hardware dalam bentuk flasdisk 8Gb Biaya Rp. 1.500.000 (belajar sendiri)

3. Paket Pelatihan Software, mendapatkan tutorial dan file Software 4 Tera Data (belum termasuk HDD) Biaya Rp. 1.500.000 Waktu Pelatihan 6 hari

4. Paket Pelatihan Hardware, mendapatkan SpyBerry Tutorial Hardware dalam bentuk flasdisk 8Gb Biaya Rp. 2.000.000 Waktu Pelatihan 6 hari

5. Paket Pelatihan Software, mendapatkan tutorial dan file Software 4 Tera Data (belum termasuk HDD) Biaya Rp. 3.000.000 Waktu Pelatihan 30 hari

6. Paket Pelatihan Hardware, mendapatkan SpyBerry Tutorial Hardware dalam bentuk flasdisk 8Gb Biaya Rp. 4.000.000 Waktu Pelatihan 30 hari

INFO : www.KursusHP.com

SpyBerry Tutorial Hardware

Hdd 4 Terabyte Data

Alamat Pelatihan :

BagusLabs Flasher
Jl. Pamungkas km.2
Telp/Wa 0899 506 9969
Yogyakarta

Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kita semua

KursusHP.com

Popular Posts