22.55   BagusLabs®™   ,    No comments

Eki Baskoro (dok. pribadi/via LinkedIn)

Jakarta - BlackBerry Facebook Software Development Kit (SDK) meraih penghargaan Outstanding Contribution Award dalam ajang BlackBerry Developers Conference 2010 (DevCon 10) di San Francisco, akhir September 2010. Nah, sang peraih penghargaan itu adalah developer asal Indonesia bernama Eki Baskoro yang kini menjadi Project Manager di Vedaleon Technology and Services, Australia.

Berikut adalah intisari percakapan detikINET dengan Eki Baskoro via pesan elektronik, Jumat (8/10/2010):

Awalnya..

Bermula dari satu tahun yang lalu tepatnya bulan September 2009. Saat itu kebetulan saya sedang ada sedikit waktu luang di antara pekerjaan yang sedang saya geluti. Tiba-tiba terpikir oleh saya untuk iseng-iseng mencoba membuat aplikasi BlackBerry yang terhubung dengan Facebook.

Setelah melihat-lihat, ternyata solusi yang mudah belum ada. Merasa tertantang, saya kemudian mencoba untuk membuat application programming interface (API) yang memudahkan pengembang untuk mengintegrasi Facebook dengan aplikasi BlackBerry.

Disambut oleh Research In Motion..

API ini kemudian saya post di situs saya, dan di beberapa forum, dan dapat diunduh gratis. Ternyata, tidak disangka mendapat sambutan luar biasa dari khalayak pengembang aplikasi BlackBerry di seluruh dunia.

Tidak lama kemudian David Lim, dari Research In Motion (RIM), menghubungi saya untuk menyampaikan bahwa RIM sangat tertarik dengan API tersebut dan berniat untuk mendukung pengembangan API tersebut lebih lanjut menjadi sebuah SDK. Dengan catatan, proyek tersebut adalah open source.

Award..

Akhirnya proyek SDK ini secara resmi menjadi Facebook BlackBerry SDK yang diakui oleh RIM dan Facebook sendiri, sekaligus menjadi proyek Open Source pertama yang diusung oleh RIM. Outstanding Contributor Award sendiri adalah bentuk apresiasi RIM atas kontribusi saya sebagai pencetus awal proyek ini.


Sayangnya, Eki tidak bisa hadir di BlackBerry Devcon 10, San Francisco untuk menerima langsung penghargaan tersebut karena ia tidak sempat mengurus Visa setelah keluarganya terserang penyakit demam berdarah.

Bravo untuk Eki atas prestasinya. Semoga kisah sukses ini bisa jadi inspirasi bagi developer aplikasi lainnya di Indonesia untuk terus berkarya!

( wsh / wsh )

0 komentar:

Posting Komentar

Kursus HP Jogja

PAKET PILIHAN HEMAT BELAJAR SERVIS SESUAI KEBUTUHAN

1. Paket Software, mendapatkan tutorial dan file Software 4 Tera Data (belum termasuk HDD) Biaya Rp. 1.000.000 (belajar sendiri)

2. Paket Hardware, mendapatkan SpyBerry Tutorial Hardware dalam bentuk flasdisk 8Gb Biaya Rp. 1.500.000 (belajar sendiri)

3. Paket Pelatihan Software, mendapatkan tutorial dan file Software 4 Tera Data (belum termasuk HDD) Biaya Rp. 1.500.000 Waktu Pelatihan 6 hari

4. Paket Pelatihan Hardware, mendapatkan SpyBerry Tutorial Hardware dalam bentuk flasdisk 8Gb Biaya Rp. 2.000.000 Waktu Pelatihan 6 hari

5. Paket Pelatihan Software, mendapatkan tutorial dan file Software 4 Tera Data (belum termasuk HDD) Biaya Rp. 3.000.000 Waktu Pelatihan 30 hari

6. Paket Pelatihan Hardware, mendapatkan SpyBerry Tutorial Hardware dalam bentuk flasdisk 8Gb Biaya Rp. 4.000.000 Waktu Pelatihan 30 hari

INFO : www.KursusHP.com

SpyBerry Tutorial Hardware

Hdd 4 Terabyte Data

Alamat Pelatihan :

BagusLabs Flasher
Jl. Pamungkas km.2
Telp/Wa 0899 506 9969
Yogyakarta

Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kita semua

KursusHP.com

Popular Posts