KursusHP ServisHP Servis EMMC Ganti EMMC kursus teknisi handphone kursus reparasi handphone kursus servis handphone kursus bongkar pasang handphone kursus ganti LCD handphone kursus ganti baterai handphone kursus ganti kamera handphone kursus ganti flash handphone kursus ganti speaker handphone kursus ganti port charger handphone kursus ganti komponen handphone lainnya kursus teknisi handphone murah kursus teknisi handphone cepat kursus teknisi handphone bergaransi kursus teknisi hanpphone dekat

Jumat, 08 Oktober 2010

Eki Baskoro, Developer Indonesia di Balik Facebook SDK di BlackBerry


Eki Baskoro (dok. pribadi/via LinkedIn)

Jakarta - BlackBerry Facebook Software Development Kit (SDK) meraih penghargaan Outstanding Contribution Award dalam ajang BlackBerry Developers Conference 2010 (DevCon 10) di San Francisco, akhir September 2010. Nah, sang peraih penghargaan itu adalah developer asal Indonesia bernama Eki Baskoro yang kini menjadi Project Manager di Vedaleon Technology and Services, Australia.

Berikut adalah intisari percakapan detikINET dengan Eki Baskoro via pesan elektronik, Jumat (8/10/2010):

Awalnya..

Bermula dari satu tahun yang lalu tepatnya bulan September 2009. Saat itu kebetulan saya sedang ada sedikit waktu luang di antara pekerjaan yang sedang saya geluti. Tiba-tiba terpikir oleh saya untuk iseng-iseng mencoba membuat aplikasi BlackBerry yang terhubung dengan Facebook.

Setelah melihat-lihat, ternyata solusi yang mudah belum ada. Merasa tertantang, saya kemudian mencoba untuk membuat application programming interface (API) yang memudahkan pengembang untuk mengintegrasi Facebook dengan aplikasi BlackBerry.

Disambut oleh Research In Motion..

API ini kemudian saya post di situs saya, dan di beberapa forum, dan dapat diunduh gratis. Ternyata, tidak disangka mendapat sambutan luar biasa dari khalayak pengembang aplikasi BlackBerry di seluruh dunia.

Tidak lama kemudian David Lim, dari Research In Motion (RIM), menghubungi saya untuk menyampaikan bahwa RIM sangat tertarik dengan API tersebut dan berniat untuk mendukung pengembangan API tersebut lebih lanjut menjadi sebuah SDK. Dengan catatan, proyek tersebut adalah open source.

Award..

Akhirnya proyek SDK ini secara resmi menjadi Facebook BlackBerry SDK yang diakui oleh RIM dan Facebook sendiri, sekaligus menjadi proyek Open Source pertama yang diusung oleh RIM. Outstanding Contributor Award sendiri adalah bentuk apresiasi RIM atas kontribusi saya sebagai pencetus awal proyek ini.


Sayangnya, Eki tidak bisa hadir di BlackBerry Devcon 10, San Francisco untuk menerima langsung penghargaan tersebut karena ia tidak sempat mengurus Visa setelah keluarganya terserang penyakit demam berdarah.

Bravo untuk Eki atas prestasinya. Semoga kisah sukses ini bisa jadi inspirasi bagi developer aplikasi lainnya di Indonesia untuk terus berkarya!

( wsh / wsh )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages