KursusHP ServisHP Servis EMMC Ganti EMMC kursus teknisi handphone kursus reparasi handphone kursus servis handphone kursus bongkar pasang handphone kursus ganti LCD handphone kursus ganti baterai handphone kursus ganti kamera handphone kursus ganti flash handphone kursus ganti speaker handphone kursus ganti port charger handphone kursus ganti komponen handphone lainnya kursus teknisi handphone murah kursus teknisi handphone cepat kursus teknisi handphone bergaransi kursus teknisi hanpphone dekat

Kamis, 14 Oktober 2010

Akhir Pekan, Pramuka Gelar Jambore Internet


Onno W. Purbo (inet)

Jakarta - Akhir pekan yang akan datang, 16-17 Oktober 2010, Pramuka akan menggelar Jamboree On The Air & Jamboree On The Internet (JOTA & JOTI) tahunan. Di Indonesia, acara digelar di Lapangan dekat ITC Cempaka Mas.

Hal itu disampaikan Onno W. Purbo, penggiat internet dan radio amatir, dalam keterangan yang diterima detikINET, Kamis (14/10/2010). Acara JOTA & JOTI itu bagian dari kegiatan serupa pada tingkat internasional yang memang digelar setiap akhir pekan ketiga Oktober. Sebelumnya, JOTA & JOTI tingkat Asia Pasifik digelar pada akhir pekan kedua Agustus.

Kegiatan itu, ujar Onno, menggunakan stasiun radio ORARI YC0ZSK. "Station YC0ZSK ini akan di operasikan oleh sekitar 250 lebih pramuka penggalang, penegak, pembina dari Depok, Bekasi, Tanggerang selain dari Jakarta Pusat," ujarnya.

Onno mengajak semua pihak, baik Pramuka atau bukan, untuk ikut meramaikan dan menyaksikan kegiatan tersebut. Lokasi tepat JOTA YC0ZSK adalah di lapangan Jl. Mortir, Lapangan Bola KPAD Sumurbatu, dekat ITC Cempaka Mas.

YC0ZSK, lanjut Onno, adalah satu-satunya di Indonesia yang mengoperasikan stasiun digital untuk komunikasi antar benua di 20m band. Pada pagi hari, 16 Oktober 2010, stasiun itu akan didirikan dengan konsep emergency (menggunakan mobil dan peralatan sederhana) oleh para anggota Pramuka.

Stasiun yang bekerja di 5 band (80m, 40m, 20m, 2m, 2.4GHz & Internet) sekaligus itu juga mengadakan workshop gratis bagi Pramuka. Materinya, soal antena, pemanfaatan frekuensi 2.4GHz serta komunikasi digital.

"Semoga dapat membangun minat anak-anak muda di Indonesia untuk berkiprah dalam dunia telekomunikasi," Onno menandaskan.

( wsh / wsh )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages