16.14   BagusLabs®™   ,    No comments
Jakarta - Beragam cara dilakukan para penjahat cyber dalam melakukan aksinya, salah satunya dengan memanfaatkan Facebook sebagai sarana mencari uang haram. Seperti modus penipuan berikut ini.

Selebritis adalah salah satu daya tarik bagi netter tak terkecuali di Facebook. Kegemaran Facebooker mencari kabar terbaru dari artis favorit mereka dimanfaatkan cracker untuk menjerat korban.

Berdasarkan informasi yang diterima detikINET dari Vaksincom, Kamis (3/3/2011), modus baru penipuan ini memanfaatkan fitur chatting di Facebook. Modus yang termasuk kategori phising ini memancing pengguna dengan memberikan link ke situs palsu dengan iming-iming informasi artis.

Situs yang beralamatkan di www.news-all-artis-indonesia.tk tersebut sekilas memang memiliki tampilan mirip halaman login di Facebook. Agar tambah penasaran, pengguna pun dipancing dengan munculnya pesan "Login to Video" dan "Login Here to View Video".

Alih-alih sebuah video yang muncul, user yang terlanjur memasukkan username dan password malah dibawa kehalaman situs porno dengan berjuta gambar seronok di dalamnya. Dilihat dari ciri-cirinya, penipuan ini bisa jadi dibuat oleh penjahat cyber lokal.

"Dari domainnya jelas ini phising lokal, dan modusnya pelaku yang sudah
mendapatkan id korban bakal meminta tolong atau sumbangan sejumlah uang kepada temannya," jelas pakar antivirus dari Vaksincom Alvons Tanujaya kepada detikINET.

Meski demikian, belum diketahui jumlah korban akibat penipuan tersebut. Namun dilihat dari banyaknya masyarakat Indonesia yang menggunakan Facebook, bukan tidak mungkin penipuan ini bakal menelan korban.

"Korban finansial dari modus ini sih belum ada, tapi usaha-usaha sudah banyak sekali," tandas Alfons.
( eno / rns )

0 komentar:

Posting Komentar

Kursus HP Jogja

PAKET PILIHAN HEMAT BELAJAR SERVIS SESUAI KEBUTUHAN

1. Paket Software, mendapatkan tutorial dan file Software 4 Tera Data (belum termasuk HDD) Biaya Rp. 1.000.000 (belajar sendiri)

2. Paket Hardware, mendapatkan SpyBerry Tutorial Hardware dalam bentuk flasdisk 8Gb Biaya Rp. 1.500.000 (belajar sendiri)

3. Paket Pelatihan Software, mendapatkan tutorial dan file Software 4 Tera Data (belum termasuk HDD) Biaya Rp. 1.500.000 Waktu Pelatihan 6 hari

4. Paket Pelatihan Hardware, mendapatkan SpyBerry Tutorial Hardware dalam bentuk flasdisk 8Gb Biaya Rp. 2.000.000 Waktu Pelatihan 6 hari

5. Paket Pelatihan Software, mendapatkan tutorial dan file Software 4 Tera Data (belum termasuk HDD) Biaya Rp. 3.000.000 Waktu Pelatihan 30 hari

6. Paket Pelatihan Hardware, mendapatkan SpyBerry Tutorial Hardware dalam bentuk flasdisk 8Gb Biaya Rp. 4.000.000 Waktu Pelatihan 30 hari

INFO : www.KursusHP.com

SpyBerry Tutorial Hardware

Hdd 4 Terabyte Data

Alamat Pelatihan :

BagusLabs Flasher
Jl. Pamungkas km.2
Telp/Wa 0899 506 9969
Yogyakarta

Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kita semua

Support KursusHP

Chat via WhatsApp

KursusHP.com

Popular Posts