20.17   BagusLabs®™   ,    No comments

Ilustrasi (Ist.)

Jakarta - Lisensi fixed wireless access (FWA) untuk layanan telekomunikasi bergerak dengan mobilitas terbatas di satu kode area akan dihapus. Operator FWA pun diperbolehkan untuk mengajukan lisensi seluler.

"Salah satu dampak BHP pita, tidak ada bedanya lagi antara operator FWA dan seluler dari sisi kewajiban," kata anggota Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) M. Ridwan Effendi kepada detikINET di Jakarta, Kamis (31/3/2011).

Operator FWA yang telah resmi mengajukan lisensi seluler adalah Bakrie Telecom. BRTI pun telah merekomendasikan penyedia layanan Esia tersebut kepada Menteri Kominfo Tifatul Sembiring.

Ridwan beralasan, rekomendasi itu diberikan sesuai keputusan rapat pleno dan proses evaluasi yang dilakukan BRTI sejak akhir 2010 lalu. "Regulasi memungkinkan. Tidak ada alasan untuk menolak. Oleh karena itu hak-haknya pun seharusnya dapat disamakan," ucapnya.

"Karena dalam rezim sekarang, harus ada lisensi, maka operator FWA yang minta selular bisa diberi. Ke depan lisensi FWA akan dihilangkan, diganti dengan lisensi mobile seluler. Boleh menyelenggarakan national coverage atau limited mobility," lanjut dia.

Menurut Ridwan, pemberian lisensi seluler kepada operator FWA telah diatur dalam Peraturan Menkominfo No.1/2010 dan kebijakan baru untuk pungutan biaya hak penggunaan frekuensi (BHP) berbasi pita.

"Tanpa BHP pita pun, Permen No.1/ 2010 memungkinkan operator FWA untuk dievaluasi untuk mendapat izin selular. Apalagi ada BHP pita," tandasnya.

Dari empat operator yang memiliki lisensi FWA, hanya Bakrie Telecom yang belum memiliki izin seluler. Pemilik lisensi FWA plus seluler tersebut adalah Telkom Flexi, Indosat StarOne, dan Hepi milik Smartfren Telecom (dulu Mobile-8 Telecom).

( rou / ash )

0 komentar:

Posting Komentar

Kursus HP Jogja

PAKET PILIHAN HEMAT BELAJAR SERVIS SESUAI KEBUTUHAN

1. Paket Software, mendapatkan tutorial dan file Software 4 Tera Data (belum termasuk HDD) Biaya Rp. 1.000.000 (belajar sendiri)

2. Paket Hardware, mendapatkan SpyBerry Tutorial Hardware dalam bentuk flasdisk 8Gb Biaya Rp. 1.500.000 (belajar sendiri)

3. Paket Pelatihan Software, mendapatkan tutorial dan file Software 4 Tera Data (belum termasuk HDD) Biaya Rp. 1.500.000 Waktu Pelatihan 6 hari

4. Paket Pelatihan Hardware, mendapatkan SpyBerry Tutorial Hardware dalam bentuk flasdisk 8Gb Biaya Rp. 2.000.000 Waktu Pelatihan 6 hari

5. Paket Pelatihan Software, mendapatkan tutorial dan file Software 4 Tera Data (belum termasuk HDD) Biaya Rp. 3.000.000 Waktu Pelatihan 30 hari

6. Paket Pelatihan Hardware, mendapatkan SpyBerry Tutorial Hardware dalam bentuk flasdisk 8Gb Biaya Rp. 4.000.000 Waktu Pelatihan 30 hari

INFO : www.KursusHP.com

SpyBerry Tutorial Hardware

Hdd 4 Terabyte Data

Alamat Pelatihan :

BagusLabs Flasher
Jl. Pamungkas km.2
Telp/Wa 0899 506 9969
Yogyakarta

Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kita semua

KursusHP.com

Popular Posts