KursusHP ServisHP Servis EMMC Ganti EMMC kursus teknisi handphone kursus reparasi handphone kursus servis handphone kursus bongkar pasang handphone kursus ganti LCD handphone kursus ganti baterai handphone kursus ganti kamera handphone kursus ganti flash handphone kursus ganti speaker handphone kursus ganti port charger handphone kursus ganti komponen handphone lainnya kursus teknisi handphone murah kursus teknisi handphone cepat kursus teknisi handphone bergaransi kursus teknisi hanpphone dekat

Minggu, 27 Maret 2011

Firefox 4 Panaskan Perang Browser


Ilustrasi (ist)

Jakarta - Versi final browser Firefox 4 telah diluncurkan secara global. Tak pelak, kehadirannya memanaskan perang browser yang dihuni nama-nama seperti Internet Explorer 9, Google Chrome, Apple Safari sampai Opera.

Firefox sendiri tercatat memiliki lebih dari 400 juta pengguna di seluruh dunia. Mereka pun berharap jumlah tersebut bertambah dengan kehadiran Firefox 4, yang diklaim lebih cepat dan lebih mudah digunakan ketimbang versi terdahulu.

"Mozilla sangat bangga dengan Firefox 4, yang diciptakan oleh komunitas kami di seluruh dunia. Ini sungguh sebuah browser masa depan. Kami fokus membuat pengalaman web user secepat, seaman dan seintuitif mungkin," ucap Gary Kovacs, CEO Mozilla.

Internet Explorer saat ini masih menjadi browser yang paling banyak digunakan secara global. Namun mereka terus menerus kehilangan pangsa pasar oleh para pesaingnya, utamanya Firefox yang membuntuti di posisi kedua.

Dikutip detikINET dari Metro, Rabu (23/3/2011), IE saat ini memiliki pangsa pasar sekitar 60%, anjlok dari dua tahun lalu yang sebesar 75%. Firefox sendiri memiliki market share sekitar 23% diikuti oleh Google Chrome dengan 14,9%.

Tak salah jika Microsoft lantas merilis Internet Explorer 9 dengan sejumlah perubahan besar, utamanya soal klaim kemampuan browser ini dalam memanfaatkan hardware dalam meningkatkan performa. Sayangnya, salah satu yang dinilai nilai minus dari IE9 adalah tidak disediakannya versi Windows XP, OS yang masih banyak dipakai.

Nah, Firefox 4 sendiri dipastikan dapat dipakai di Windows XP. Mungkin saja hal ini sedikit banyak dapat mendorong pangsa pasar Firefox karena XP masih banyak diandalkan pemakai komputer. Demikian pula dengan Chrome 10 yang masih mendukung XP.

Jika ditilik dari jumlah download perdana, Firefox 4 sepertinya lebih unggul dari IE 9. Jumlah downloadnya yang mencapai 1 juta kali dalam 3 jam pertama, jika terus stabil, mungkin dapat mengalahkan IE 9 yang didownload sekitar 2,4 juta kali dalam 24 jam pertama. Menarik kiranya melihat bagaimana jalannya pertarungan ini.


( fyk / ash )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages