12.12   BagusLabs®™   , , ,    No comments
Jakarta - Salah satu daya tarik dari Apple iPad 2 adalah harganya yang relatif murah, mulai USD 499 atau kurang dari Rp 5 juta. Dan sejauh ini, tampaknya belum ada rival Apple dari kalangan vendor besar mampu menjangkau harga serendah itu. Timbul pertanyaan, mengapa harga iPad bisa lebih rendah?
Motorola Xoom dan Samsung Galaxy Tab 10,1, dua pesaing yang dinilai pantas menandingi iPad 2, memiliki harga lebih tinggi. Xoom telah dijual dengan harga USD 799. Sedangkan banderol Galaxy Tab, meski belum resmi diumumkan, kabarnya dijual pada kisaran harga mulai USD 600. 

Lusinan tablet dari pabrikan besar lain bersiap pula memasuki pasar. Sebut saja HP TouchPad, HTC Flyer, BlackBerry PlayBook atau LG Optimus Pad. Namun diperkirakan, harganya pun bakal melampaui iPad 2.

"Ada sekitar seratus tablet kompetitif yang diperkenalkan sejak iPad datang. Namun rasanya belum ada satupun yang bisa mengatasi atau bahkan menyamai Apple dalam soal harga," ujar Toni Sacconaghi, analis di Sanford C. Bernstrein.

'Rahasia' Apple


Lalu, apa alasannya Apple bisa menekan harga iPad 2? Para analis menganggap bahwa ketersediaan uang tunai Apple yang banyak -- diperkirakan USD 60 miliar, memungkinkan mereka menjalin kemitraan strategis dengan penyedia komponen. Jadi, mereka membeli barang dengan kuantitas besar dan mendapat harga murah.

Sacconagh menambahkan, Apple mungkin pula melakukan subsidi harga pembuatan iPad dengan uang yang mereka raup dari App Store. Dengan uang sekitar USD 1 miliar  per tahun yang mereka dapat dari App Store, Apple bisa menurunkan margin laba di iPad 2 tanpa takut keuntungannya berkurang banyak.

Di sisi lain, Motorola pun menerangkan mengapa harga tablet Xoom cukup mahal. Mereka menyatakan, fitur hardware Xoom yang mumpuni dan kemampuan seperti 4G membuat harga USD 799 dinilai wajar saja.

"Harga Xoom sudah tepat. Kami membanderol Xoom berdasarkan apa yang kami tawarkan untuk konsumen," ucap Alain Mutricy, Senior Vice President for Mobile Devices Motorola, dikutip detikINET dari New York Times, Selasa (8/3/2011).



( fyk / wsh )

0 komentar:

Posting Komentar

Kursus HP Jogja

PAKET PILIHAN HEMAT BELAJAR SERVIS SESUAI KEBUTUHAN

1. Paket Software, mendapatkan tutorial dan file Software 4 Tera Data (belum termasuk HDD) Biaya Rp. 1.000.000 (belajar sendiri)

2. Paket Hardware, mendapatkan SpyBerry Tutorial Hardware dalam bentuk flasdisk 8Gb Biaya Rp. 1.500.000 (belajar sendiri)

3. Paket Pelatihan Software, mendapatkan tutorial dan file Software 4 Tera Data (belum termasuk HDD) Biaya Rp. 1.500.000 Waktu Pelatihan 6 hari

4. Paket Pelatihan Hardware, mendapatkan SpyBerry Tutorial Hardware dalam bentuk flasdisk 8Gb Biaya Rp. 2.000.000 Waktu Pelatihan 6 hari

5. Paket Pelatihan Software, mendapatkan tutorial dan file Software 4 Tera Data (belum termasuk HDD) Biaya Rp. 3.000.000 Waktu Pelatihan 30 hari

6. Paket Pelatihan Hardware, mendapatkan SpyBerry Tutorial Hardware dalam bentuk flasdisk 8Gb Biaya Rp. 4.000.000 Waktu Pelatihan 30 hari

INFO : www.KursusHP.com

SpyBerry Tutorial Hardware

Hdd 4 Terabyte Data

Alamat Pelatihan :

BagusLabs Flasher
Jl. Pamungkas km.2
Telp/Wa 0899 506 9969
Yogyakarta

Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kita semua

KursusHP.com

Popular Posts