20.58   BagusLabs®™   , , ,    No comments
Jakarta - Infrastruktur serat optik Palapa Ring di wilayah timur Indonesia area Mataram-Kupang akhirnya selesai dibangun. Setelah uji cobanya rampung, jaringan tersebut direncanakan bakal dikomersilkan dalam waktu dekat. "Palapa Ring untuk Mataram-Kupang System Cable sudah selesai dibangun. April nanti akan kami komersialisasikan," kata Dirut Telkom Rinaldi Firmansyah, di sela seminar Outlook Telekomunikasi 2011: Mengubah Kejenuhan Menjadi Peluang, di Gran Melia, Jakarta, Rabu (16/3/2011).
Jaringan serat optik tersebut akan disalurkan lewat akses last mile ke daerah pelosok. Namun Rinaldi mengaku belum menetapkan soal tarif akses layanannya. "Yang pasti lebih murah dibanding area perkotaan," ujarnya.

Telkom sendiri telah menggelontorkan dana sekitar USD 50 juta untuk membangun infrastruktur Palapa Ring Mataram-Kupang. Dana yang keluar ini merupakan setengah lebih dari total investasi proyek Palapa Ring yang digawangi Telkom di Indonesia Timur yang senilai USD 90 juta.

Dibanding dua pemenang tender Palapa Ring lainnya -- Indosat dan Bakrie Telecom -- Telkom memang menjadi operator yang memiliki dana pengembangan infrastruktur Palapa Ring paling besar. Dari total anggaran senilai USD 150 juta, sebesar USD 90 juta di antaranya disiapkan oleh operator pelat merah itu.

Proyek Mataram-Kupang Cable System merupakan serat optik bawah laut yang dibangun Telkom sepanjang 1.041 kilometer. Proyek ini akan memiliki enam landing point di Mataram, Sumbawa Besar, Raba, Waingapu dan Kupang.

Selain itu, Telkom juga akan membangun jaringan inland cable sepanjang 810 kilometer dengan jumlah 15 node di kota Mataram, Pringgabaya, Newmont, Taliwang, Sumbawa Besar, Ampang, Dompu, Raba, Labuhan Bajo, Ruteng, Bajawa, Ende, Maumere, Waingapu, dan Kupang.



( rou / ash )

0 komentar:

Posting Komentar

Kursus HP Jogja

PAKET PILIHAN HEMAT BELAJAR SERVIS SESUAI KEBUTUHAN

1. Paket Software, mendapatkan tutorial dan file Software 4 Tera Data (belum termasuk HDD) Biaya Rp. 1.000.000 (belajar sendiri)

2. Paket Hardware, mendapatkan SpyBerry Tutorial Hardware dalam bentuk flasdisk 8Gb Biaya Rp. 1.500.000 (belajar sendiri)

3. Paket Pelatihan Software, mendapatkan tutorial dan file Software 4 Tera Data (belum termasuk HDD) Biaya Rp. 1.500.000 Waktu Pelatihan 6 hari

4. Paket Pelatihan Hardware, mendapatkan SpyBerry Tutorial Hardware dalam bentuk flasdisk 8Gb Biaya Rp. 2.000.000 Waktu Pelatihan 6 hari

5. Paket Pelatihan Software, mendapatkan tutorial dan file Software 4 Tera Data (belum termasuk HDD) Biaya Rp. 3.000.000 Waktu Pelatihan 30 hari

6. Paket Pelatihan Hardware, mendapatkan SpyBerry Tutorial Hardware dalam bentuk flasdisk 8Gb Biaya Rp. 4.000.000 Waktu Pelatihan 30 hari

INFO : www.KursusHP.com

SpyBerry Tutorial Hardware

Hdd 4 Terabyte Data

Alamat Pelatihan :

BagusLabs Flasher
Jl. Pamungkas km.2
Telp/Wa 0899 506 9969
Yogyakarta

Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kita semua

KursusHP.com

Popular Posts