KursusHP ServisHP Servis EMMC Ganti EMMC kursus teknisi handphone kursus reparasi handphone kursus servis handphone kursus bongkar pasang handphone kursus ganti LCD handphone kursus ganti baterai handphone kursus ganti kamera handphone kursus ganti flash handphone kursus ganti speaker handphone kursus ganti port charger handphone kursus ganti komponen handphone lainnya kursus teknisi handphone murah kursus teknisi handphone cepat kursus teknisi handphone bergaransi kursus teknisi hanpphone dekat

Senin, 07 Maret 2011

Ingin Tidur Nyenyak? Matikan Gadget!

Jakarta - Seiring kian banyak orang yang membawa gadget mereka ke ruang tidur, para ahli menemukan semakin banyak pula orang yang mengalami gangguan tidur. Penyebabnya jelas karena gadget membuat mereka tidur larut malam atau malah terjaga semalaman.

Setidaknya ini tercermin dari hasil penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat (AS). Dalam penelitian ini, sembilan dari sepuluh orang mengaku menggunakan perangkat elektronik seperti laptop, smartphone, perangkat game dan TV di jam-jam sebelum mereka tidur. Dan mereka mengklaim mengalami gangguan pola tidur.

Itu sebabnya, seperti dilansir Reuters dan dikutip detikINET, Senin (7/3/2011), para ahli menyarankan untuk mematikan perangkat elektronik tersebut satu jam sebelum tidur. Cara sederhana ini dipercaya akan sangat ampuh meningkatkan kualitas tidur.

"Cahaya buatan yang dipancarkan TV dan layar laptop atau smartphone merangsang otak untuk selalu terjaga," kata Dr Charles Czeisler dari Harvard Medical School yang memimpin penelitian ini. 

Disebutkannya, paparan cahaya itu melepaskan hormon melatonin yang meningkatkan kewaspadaan dan mengakibatkan pergeseran pola tidur normal. Berdasarkan survei national Sleep Foundation AS, aktivitas terburuk sebelum tidur adalah bermain game, menggunakan ponsel dan berinternet.

Namun meski demikian, satu dari sepuluh orang partisipan yang berusia 20 tahun menyebutkan mereka rutin terbangun di malam hari karena menerima panggilan telepon, SMS atau email.



( rns / ash )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages