15.02   BagusLabs®™   , , ,    No comments
Jakarta - Robot Geminoid, yang tampak luarnya 'kembar' dengan manusia, telah dibuat beberapa kali. Namun ini adalah untuk pertamakalinya ia menyerupai pria non-Jepang dan berjenggot.

Bernama Geminoid DK, ini memiliki bentuk sangat mirip manusia sehingga sempat diduga sebagai hoax. Namun, seperti dikutip detikINET dari Spectrum IEEE, Senin (7/3/2011), Geminoid DK adalah robot sungguhan.

Dibuat oleh Kokoro dan Hiroshi Ishiguro, peneliti robot terkemuka asal Jepang, Geminoid DK menyerupai Profesor Henrik Scharfe dari Aalborg University, Denmark.

Scharfe mengatakan, robot ini dibuat selama kurang lebih satu tahun. Ia dalam waktu dekat akan ke Jepang untuk melakukan eksperimen bersama robot kembarannya.

"Setelah itu, robot ini akan dibawa ke Denmark dan menempati sebuah laboratorium yang dirancang khusus," paparnya.

Penelitian yang akan dijalankan Scharfe serupa dengan yang dilakukan Ishiguro dengan robot kembarannya, Geminoid HI-1.  Fokusnya adalah pada 'bobot emosi' interaksi manusia dengan robot dan juga perbedaan budaya dalam melihat robot.

Geminoid DK adalah robot Geminoid pertama yang dibuat berdasarkan model non-Jepang, dalam hal ini pria 'bule'. Karena Scharfe memiliki jenggot, ini juga menjadi robot pertama yang berjenggot.

Seperti Geminoid lainnya, kendali gerakan dan ekspresi robot ini dilakukan dari jarak jauh melalui motion-capture system. Artinya, setiap ekspresi wajah dan gerak kepala operator akan diikuti oleh sang android.

Mau melihat aksinya? Simak saja dalam video berikut ini di YouTube.

( wsh / wsh )

0 komentar:

Posting Komentar

Kursus HP Jogja

PAKET PILIHAN HEMAT BELAJAR SERVIS SESUAI KEBUTUHAN

1. Paket Software, mendapatkan tutorial dan file Software 4 Tera Data (belum termasuk HDD) Biaya Rp. 1.000.000 (belajar sendiri)

2. Paket Hardware, mendapatkan SpyBerry Tutorial Hardware dalam bentuk flasdisk 8Gb Biaya Rp. 1.500.000 (belajar sendiri)

3. Paket Pelatihan Software, mendapatkan tutorial dan file Software 4 Tera Data (belum termasuk HDD) Biaya Rp. 1.500.000 Waktu Pelatihan 6 hari

4. Paket Pelatihan Hardware, mendapatkan SpyBerry Tutorial Hardware dalam bentuk flasdisk 8Gb Biaya Rp. 2.000.000 Waktu Pelatihan 6 hari

5. Paket Pelatihan Software, mendapatkan tutorial dan file Software 4 Tera Data (belum termasuk HDD) Biaya Rp. 3.000.000 Waktu Pelatihan 30 hari

6. Paket Pelatihan Hardware, mendapatkan SpyBerry Tutorial Hardware dalam bentuk flasdisk 8Gb Biaya Rp. 4.000.000 Waktu Pelatihan 30 hari

INFO : www.KursusHP.com

SpyBerry Tutorial Hardware

Hdd 4 Terabyte Data

Alamat Pelatihan :

BagusLabs Flasher
Jl. Pamungkas km.2
Telp/Wa 0899 506 9969
Yogyakarta

Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kita semua

Support KursusHP

Chat via WhatsApp

KursusHP.com

Popular Posts