KursusHP ServisHP Servis EMMC Ganti EMMC kursus teknisi handphone kursus reparasi handphone kursus servis handphone kursus bongkar pasang handphone kursus ganti LCD handphone kursus ganti baterai handphone kursus ganti kamera handphone kursus ganti flash handphone kursus ganti speaker handphone kursus ganti port charger handphone kursus ganti komponen handphone lainnya kursus teknisi handphone murah kursus teknisi handphone cepat kursus teknisi handphone bergaransi kursus teknisi hanpphone dekat

Senin, 07 Maret 2011

Geminoid DK, Robot Pertama yang Berjenggot dan Bule

Jakarta - Robot Geminoid, yang tampak luarnya 'kembar' dengan manusia, telah dibuat beberapa kali. Namun ini adalah untuk pertamakalinya ia menyerupai pria non-Jepang dan berjenggot.

Bernama Geminoid DK, ini memiliki bentuk sangat mirip manusia sehingga sempat diduga sebagai hoax. Namun, seperti dikutip detikINET dari Spectrum IEEE, Senin (7/3/2011), Geminoid DK adalah robot sungguhan.

Dibuat oleh Kokoro dan Hiroshi Ishiguro, peneliti robot terkemuka asal Jepang, Geminoid DK menyerupai Profesor Henrik Scharfe dari Aalborg University, Denmark.

Scharfe mengatakan, robot ini dibuat selama kurang lebih satu tahun. Ia dalam waktu dekat akan ke Jepang untuk melakukan eksperimen bersama robot kembarannya.

"Setelah itu, robot ini akan dibawa ke Denmark dan menempati sebuah laboratorium yang dirancang khusus," paparnya.

Penelitian yang akan dijalankan Scharfe serupa dengan yang dilakukan Ishiguro dengan robot kembarannya, Geminoid HI-1.  Fokusnya adalah pada 'bobot emosi' interaksi manusia dengan robot dan juga perbedaan budaya dalam melihat robot.

Geminoid DK adalah robot Geminoid pertama yang dibuat berdasarkan model non-Jepang, dalam hal ini pria 'bule'. Karena Scharfe memiliki jenggot, ini juga menjadi robot pertama yang berjenggot.

Seperti Geminoid lainnya, kendali gerakan dan ekspresi robot ini dilakukan dari jarak jauh melalui motion-capture system. Artinya, setiap ekspresi wajah dan gerak kepala operator akan diikuti oleh sang android.

Mau melihat aksinya? Simak saja dalam video berikut ini di YouTube.

( wsh / wsh )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages