14.08   BagusLabs®™   ,    No comments
Printer kulit (cnn)

Jakarta - Peneliti di AS sedang mengembangkan printer kulit. Alat ini nantinya bisa digunakan untuk merawat korban luka bakar.

Ilmuwan di Wake Forest Institute for Regenerative Medicine, Amerika Serikat, mengembangkan printer kulit itu dengan dukungan dana dari Departemen Pertahanan AS.

Diperkirakan, alat ini nantinya bisa membantu tentara yang mengalami luka bakar di medan perang.

Apa yang dilakukan printer kulit itu adalah membuat lapisan kulit baru untuk menyembuhkan luka bakar. Metodenya tak jauh berbeda dari printer inkjet biasa.

"Kami memulai dengan menggunakan cartridge printer inkjet biasa. Bukannya tinta, kami menggunakan sel kulit di dalam cartridge itu," ujar Dr Anthony Atala, direktur di institut itu, seperti dikutip detikINET dari CNN, Senin (21/2/2011).

Namun mencetak kulit baru tidak sesederhana mencetak di atas kertas. Pertama-tama, pasien harus menyerahkan sampel kulit sehatnya.

Kemudian, sampel itu akan dibiakkan secara terpisah pada sebuah lingkungan yang mengkatalis pertumbuhan sel.

"Kami mengembangkan sel itu dalam jumlah besar. Setelah berhasil membuat sel-sel baru, langkah berikutnya adalah meletakkan sel di cartridge lalu mencetaknya di atas pasien," ujar Atala.

Wake Forest menerima dana USD 50 juta dari Departemen Pertahanan untuk berbagai proyek penelitian. Termasuk penelitian printer kulit ini.

Selain Wake Forest, kampus Cornell University dan Medical University of South Carolina, Charleston juga meneliti hal serupa.

Diperkirakan masih butuh waktu lebih dari lima tahun sebelum penelitian ini selesai. Itu pun belum tentu bisa langsung digunakan secara praktis, baik di medan perang atau di rumah sakit.

Sejauh ini peneliti mengaku puas dengan hasil percobaan awal. Atala mengatakan mereka sudah berhasil mencetak 'kulit yang sehat'.

( wsh / rou )

0 komentar:

Posting Komentar

Kursus HP Jogja

PAKET PILIHAN HEMAT BELAJAR SERVIS SESUAI KEBUTUHAN

1. Paket Software, mendapatkan tutorial dan file Software 4 Tera Data (belum termasuk HDD) Biaya Rp. 1.000.000 (belajar sendiri)

2. Paket Hardware, mendapatkan SpyBerry Tutorial Hardware dalam bentuk flasdisk 8Gb Biaya Rp. 1.500.000 (belajar sendiri)

3. Paket Pelatihan Software, mendapatkan tutorial dan file Software 4 Tera Data (belum termasuk HDD) Biaya Rp. 1.500.000 Waktu Pelatihan 6 hari

4. Paket Pelatihan Hardware, mendapatkan SpyBerry Tutorial Hardware dalam bentuk flasdisk 8Gb Biaya Rp. 2.000.000 Waktu Pelatihan 6 hari

5. Paket Pelatihan Software, mendapatkan tutorial dan file Software 4 Tera Data (belum termasuk HDD) Biaya Rp. 3.000.000 Waktu Pelatihan 30 hari

6. Paket Pelatihan Hardware, mendapatkan SpyBerry Tutorial Hardware dalam bentuk flasdisk 8Gb Biaya Rp. 4.000.000 Waktu Pelatihan 30 hari

INFO : www.KursusHP.com

SpyBerry Tutorial Hardware

Hdd 4 Terabyte Data

Alamat Pelatihan :

BagusLabs Flasher
Jl. Pamungkas km.2
Telp/Wa 0899 506 9969
Yogyakarta

Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kita semua

KursusHP.com

Popular Posts