KursusHP ServisHP Servis EMMC Ganti EMMC kursus teknisi handphone kursus reparasi handphone kursus servis handphone kursus bongkar pasang handphone kursus ganti LCD handphone kursus ganti baterai handphone kursus ganti kamera handphone kursus ganti flash handphone kursus ganti speaker handphone kursus ganti port charger handphone kursus ganti komponen handphone lainnya kursus teknisi handphone murah kursus teknisi handphone cepat kursus teknisi handphone bergaransi kursus teknisi hanpphone dekat

Kamis, 24 Februari 2011

Wow, Komputer Seukuran Ujung Pulpen!

Jakarta - Para ilmuwan di University of Michigan menciptakan sistem komputasi pertama dalam ukuran milimeter. Saking mungilnya, komputer berbentuk seperti chip ini bisa muat di ujung pulpen!

Meski kecil, jangan remehkan kemampuan komputer bernama Phoenix ini. Tubuhnya yang berukuran hanya satu milimeter kubik ini bisa menampung data selama satu pekan.

Mengapa begitu kecil? Rupanya Phoenix dirancang untuk ditanamkan pada sesuatu yang ukurannya juga sangat kecil, salah satunya mata manusia. Saat ini, Phoenix tengah diujicoba untuk memonitor tekanan mata pada pasien penderita glaukoma.

"Ini adalah sistem komputasi berskala milimeter pertama yang sangat lengkap," kata Dennis Sylvester yang memimpin pengembangan Phoenix, dikutip detikINET dari Computer World, Kamis (24/2/2011).

Di dalam Phoenix terdapat mikro prosesor berdaya rendah, sensor tekanan, memori, baterai setipis film, sel surya dan radio wireless dengan antena yang bisa menyampaikan data ke perangkat pembaca eksternal yang dipasang dekat mata.
( rns / wsh )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages