KursusHP ServisHP Servis EMMC Ganti EMMC kursus teknisi handphone kursus reparasi handphone kursus servis handphone kursus bongkar pasang handphone kursus ganti LCD handphone kursus ganti baterai handphone kursus ganti kamera handphone kursus ganti flash handphone kursus ganti speaker handphone kursus ganti port charger handphone kursus ganti komponen handphone lainnya kursus teknisi handphone murah kursus teknisi handphone cepat kursus teknisi handphone bergaransi kursus teknisi hanpphone dekat

Rabu, 16 Februari 2011

Berubah Warna, Tanaman Bisa Deteksi Bom


(Ist)

Jakarta - Ilmuwan di Colorado State University, Amerika Serikat, mengembangkan sebuah cara yang memungkinkan tanaman di sekeliling kita menjadi pendeteksi ancaman teror bom. Bagaimana caranya?

Saat ini, Profesor June Medford beserta timnya tengah bekerja membuat tanaman hijau agar bisa berubah warna menjadi putih jika mendeteksi keberadaan senjata kimia atau biologi yang bisa meledak di sekitar mereka.

Nah, ketika kita menemukan tanaman berubah jadi putih, ini berarti peringatan tanda bahaya akan terjadi ledakan bagi orang-orang di sekitar area itu agar segera mencari tempat yang aman.

"Kami memodifikasi benih tanaman. Sifat dan kemampuan ini akan stabil dan menempel pada tumbuhan selamanya. Dengan demikian, tanaman bisa diberdayakan untuk keamanan, memberitahu Anda akan adanya bahaya ledakan," papar Medford seperti detikINET kutip dari Fox News, Rabu (16/2/2011).

Memang terdengar seperti kisah fiksi ilmiah. Tapi Medford menyebutkan, menggunakan tanaman untuk mendeteksi patogen dan bahan kimia berbahaya sangatlah masuk akal. Dia mencontohkan seperti halnya pisang berwarna hijau yang tidak akan matang pada iklim bumi bagian utara kecuali jika terpapar gas ethylene.

"Saya melakukan modifikasi pada tanaman agar bisa bereaksi saat terpapar zat tertentu dan berubah warna. Cara ini bisa diterapkan pada tanaman jenis apa pun," tutupnya. ( rns / rou )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages