KursusHP ServisHP Servis EMMC Ganti EMMC kursus teknisi handphone kursus reparasi handphone kursus servis handphone kursus bongkar pasang handphone kursus ganti LCD handphone kursus ganti baterai handphone kursus ganti kamera handphone kursus ganti flash handphone kursus ganti speaker handphone kursus ganti port charger handphone kursus ganti komponen handphone lainnya kursus teknisi handphone murah kursus teknisi handphone cepat kursus teknisi handphone bergaransi kursus teknisi hanpphone dekat

Kamis, 17 Februari 2011

Apakah Indonesia Terkena Dampak Kilatan Matahari?


Flare (Ist)

Jakarta - Flare atau kilatan api besar terjadi pada Matahari pekan ini. Namun, dikatakan peneliti, dampaknya tidak sampai mempengaruhi wilayah Indonesia.

Disebutkan peneliti observatorium Bosscha Evan Irawan Akbar, wilayah yang terpengaruh fenomena ini hanyalah daerah lintang Bumi seperti Inggris, kutub utara, Kanada dan Rusia.

"Indonesia, berada di khatulistiwa tidak terkena dampak ini. Ada pun jenis gangguan yang dialami wilayah-wilayah yang terkena dampaknya adalah gangguan sinyal komunikasi dan penerbangan," kata Evan saat dihubungi detikINET, Kamis (17/2/2011).

Disebutkan Evan, fenomena kilatan api ini adalah aktivitas alamiah Matahari dan tidak perlu ditakutkan. "Kalaupun terjadi gangguan, hanya berlangsung sekitar tiga sampai lima menit," kata Evan.

Memang, dalam beberapa kasus fenomena ini menimbulkan akibat yang cukup serius. Evan mencontohkan, gangguan cukup besar akibat flare pernah dialami Finlandia pada 2009, yang menyebabkan mati listrik.

"Akibat ini bisa timbul jika terjadi induksi listrik ketika kilatan api itu sampai ke Bumi. Kalau yang terjadi kemarin, meski besar tetapi tidak sampai membahayakan. Masih dalam batas normal," terangnya.

Disebutkan juga oleh Evan, terjadinya flare tidak dapat diprediksi. Para peneliti hanya bisa memonitor aktivitas Matahari dan memperkirakan intensitasnya apakah akan membesar atau mengecil.
( rns / wsh )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages