18.27   BagusLabs®™   ,    No comments

Flare (Ist)

Jakarta - Flare atau kilatan api besar terjadi pada Matahari pekan ini. Namun, dikatakan peneliti, dampaknya tidak sampai mempengaruhi wilayah Indonesia.

Disebutkan peneliti observatorium Bosscha Evan Irawan Akbar, wilayah yang terpengaruh fenomena ini hanyalah daerah lintang Bumi seperti Inggris, kutub utara, Kanada dan Rusia.

"Indonesia, berada di khatulistiwa tidak terkena dampak ini. Ada pun jenis gangguan yang dialami wilayah-wilayah yang terkena dampaknya adalah gangguan sinyal komunikasi dan penerbangan," kata Evan saat dihubungi detikINET, Kamis (17/2/2011).

Disebutkan Evan, fenomena kilatan api ini adalah aktivitas alamiah Matahari dan tidak perlu ditakutkan. "Kalaupun terjadi gangguan, hanya berlangsung sekitar tiga sampai lima menit," kata Evan.

Memang, dalam beberapa kasus fenomena ini menimbulkan akibat yang cukup serius. Evan mencontohkan, gangguan cukup besar akibat flare pernah dialami Finlandia pada 2009, yang menyebabkan mati listrik.

"Akibat ini bisa timbul jika terjadi induksi listrik ketika kilatan api itu sampai ke Bumi. Kalau yang terjadi kemarin, meski besar tetapi tidak sampai membahayakan. Masih dalam batas normal," terangnya.

Disebutkan juga oleh Evan, terjadinya flare tidak dapat diprediksi. Para peneliti hanya bisa memonitor aktivitas Matahari dan memperkirakan intensitasnya apakah akan membesar atau mengecil.
( rns / wsh )

0 komentar:

Posting Komentar

Kursus HP Jogja

PAKET PILIHAN HEMAT BELAJAR SERVIS SESUAI KEBUTUHAN

1. Paket Software, mendapatkan tutorial dan file Software 4 Tera Data (belum termasuk HDD) Biaya Rp. 1.000.000 (belajar sendiri)

2. Paket Hardware, mendapatkan SpyBerry Tutorial Hardware dalam bentuk flasdisk 8Gb Biaya Rp. 1.500.000 (belajar sendiri)

3. Paket Pelatihan Software, mendapatkan tutorial dan file Software 4 Tera Data (belum termasuk HDD) Biaya Rp. 1.500.000 Waktu Pelatihan 6 hari

4. Paket Pelatihan Hardware, mendapatkan SpyBerry Tutorial Hardware dalam bentuk flasdisk 8Gb Biaya Rp. 2.000.000 Waktu Pelatihan 6 hari

5. Paket Pelatihan Software, mendapatkan tutorial dan file Software 4 Tera Data (belum termasuk HDD) Biaya Rp. 3.000.000 Waktu Pelatihan 30 hari

6. Paket Pelatihan Hardware, mendapatkan SpyBerry Tutorial Hardware dalam bentuk flasdisk 8Gb Biaya Rp. 4.000.000 Waktu Pelatihan 30 hari

INFO : www.KursusHP.com

SpyBerry Tutorial Hardware

Hdd 4 Terabyte Data

Alamat Pelatihan :

BagusLabs Flasher
Jl. Pamungkas km.2
Telp/Wa 0899 506 9969
Yogyakarta

Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kita semua

KursusHP.com

Popular Posts