18.28   BagusLabs®™   ,    No comments
Jakarta - Blender.org adalah salah satu proyek Open Source yang sukses di dunia. Piranti ini banyak digunakan dalam proses produksi film-film Hollywood, salah satunya Spider-Man 2.

Ton Roosendaal, Chairman dari Blender Foundation, mengatakan seiring sukses itu maka Blender juga menghadapi banyak tantangan. Misalnya dari pihak ketiga yang menunggangi sukses itu untuk mendapatkan keuntungan.

Di berbagai forum online hal ini juga jadi kontroversi. Misalnya, sepeti diamati detikINET di Slashdot, Rabu (23/2/2011).

Pihak ketiga yang disoroti menjual aplikasi bernama 3DMagix dan IllusionMage. Kedua aplikasi itu disebut hanya membungkus Blender dengan merek lain dan menjualnya.

"Tak ada yang salah dari itu. Hakikatnya, GNU GPL adalah soal kemerdekaan, bukan hanya untuk menggunakan dan memodifikasi kode penyusunnya, tapi juga mendistribusikan dan menjual ulang dengan nama lain," sebut Roosendaal.

Nah, yang jadi masalah, dalam promosinya IllusionMage dan 3DMagix menggunakan materi yang terlindungi hak ciptanya. Jadi bukan hanya materi-materi Creative Commons (CC) atau sejenisnya.

"Setelah kami berusaha menghubunginya beberapa kali, mereka tidak juga menghapus konten berhakcipta dari situs mereka," Roosendaal melanjutkan.

Keberadaan bisnis seperti 3DMagix dan IllusionMage jadi perbincangan di Slashdot. Roosendaal pun mengaku banyak pihak yang bertanya padanya soal hal ini.

Beberapa pihak di Slashdot menyebut kedua bisnis itu berjualan video tutorial, sedangkan softwarenya hanya dibungkus dan tetap gratis. Praktek bisnis seperti itu tentunya tak jadi masalah.

Namun, lagi-lagi, yang dipermasalahkan bukanlah soal bisnis. Tapi soal pelanggaran hak cipta atas gambar-gambar dan video dalam promosi produk itu.

"Tapi apa yang bisa kami lakukan? Tidak ada banyak pilihan, pengacara hanya akan buang-buang uang. Paling baik ya hanya mempublikasikannya. Seperti kata seorang hakim, 'matahari adalah desinfektan terbaik'," Roosendaal menandaskan. ( wsh / wsh )

0 komentar:

Posting Komentar

Kursus HP Jogja

PAKET PILIHAN HEMAT BELAJAR SERVIS SESUAI KEBUTUHAN

1. Paket Software, mendapatkan tutorial dan file Software 4 Tera Data (belum termasuk HDD) Biaya Rp. 1.000.000 (belajar sendiri)

2. Paket Hardware, mendapatkan SpyBerry Tutorial Hardware dalam bentuk flasdisk 8Gb Biaya Rp. 1.500.000 (belajar sendiri)

3. Paket Pelatihan Software, mendapatkan tutorial dan file Software 4 Tera Data (belum termasuk HDD) Biaya Rp. 1.500.000 Waktu Pelatihan 6 hari

4. Paket Pelatihan Hardware, mendapatkan SpyBerry Tutorial Hardware dalam bentuk flasdisk 8Gb Biaya Rp. 2.000.000 Waktu Pelatihan 6 hari

5. Paket Pelatihan Software, mendapatkan tutorial dan file Software 4 Tera Data (belum termasuk HDD) Biaya Rp. 3.000.000 Waktu Pelatihan 30 hari

6. Paket Pelatihan Hardware, mendapatkan SpyBerry Tutorial Hardware dalam bentuk flasdisk 8Gb Biaya Rp. 4.000.000 Waktu Pelatihan 30 hari

INFO : www.KursusHP.com

SpyBerry Tutorial Hardware

Hdd 4 Terabyte Data

Alamat Pelatihan :

BagusLabs Flasher
Jl. Pamungkas km.2
Telp/Wa 0899 506 9969
Yogyakarta

Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kita semua

KursusHP.com

Popular Posts