KursusHP ServisHP Servis EMMC Ganti EMMC kursus teknisi handphone kursus reparasi handphone kursus servis handphone kursus bongkar pasang handphone kursus ganti LCD handphone kursus ganti baterai handphone kursus ganti kamera handphone kursus ganti flash handphone kursus ganti speaker handphone kursus ganti port charger handphone kursus ganti komponen handphone lainnya kursus teknisi handphone murah kursus teknisi handphone cepat kursus teknisi handphone bergaransi kursus teknisi hanpphone dekat

Senin, 21 Februari 2011

Bersatunya Nokia-Microsoft Bisa Korbankan Karyawan

(ki-ka) Stephen Elop & Steve Ballmer (Ist.)

Jakarta - Merapatnya Nokia kepada Microsoft dengan memilih sistem operasi Windows Phone 7 (WP7) digadang-gadang dapat menciptakan basis kekuatan yang besar. Namun di sisi lain juga dinilai akan memakan korban, yakni dari para karyawan.

Korban yang dimaksud adalah terkait adanya kemungkinan bakal dilepasnya sejumlah karyawan lantaran terjadinya kolaborasi dua perusahaan raksasa tersebut.

Seorang analis dan juga menjadi kolumnis di BBC, Jon Bithrey menjelaskan, divisi yang akan terhantam khususnya di bagian research & development (R&D) Nokia. Pasalnya, pekerjaan mereka diyakini bakal tergantikan dari para peneliti dari Microsoft akibat Nokia menggunakan OS WP7.

CEO Nokia Stephen Elop diproyeksi akan berhitung ulang mengenai kekuataan sumber dayanya, dan kemudian akan melakukan 'penyesuaian', kata Bithrey.

Elop sendiri sepertinya sudah mengindikasikan akan adanya pengurangan pegawai ini, meskipun ia tidak mengatakannya secara frontal.

"Setiap karyawan harus melalui perjalanan emosional dan perjalanan emosional ini sulit, karena suatu perubahan besar. Namun masih ada banyak hal di depan dan banyak pekerjaan yang masih harus dilakukan," tukasnya, dikutip detikINET dari Market Place, Senin (21/2/2011).

Aksi PHK di Nokia memang bukan hal baru. Sebelumnya, ketika Elop baru sebulan menjabat sebagai CEO Nokia, ia sudah membuat kebijakan fenomenal. Bagaimana tidak, 1.800 karyawan di perusahaan pembuat ponsel terbesar itu dikabarkan harus angkat koper alias pemecatan.

Elop disebut-sebut sebagai sosok sentral dalam digolkannya kebijakan tidak populis itu. Bahkan, dikutip detikINET dari Tg Daily, PHK sepihak tersebut dikabarkan menjadi prioritas utama Elop dalam menakhodai Nokia.

Nokia sendiri saat ini telah memiliki sekitar 19.840 karyawan di Finlandia. Dari jumlah itu, 6.500 karyawan di antaranya berada di divisi research & development.

( ash / rns )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages