13.44   BagusLabs®™   ,    No comments
Jakarta - Lupakan sejenak perangkat GPS--Global Positioning Systems. Di masa depan, Anda akan berjalan-jalan ditemani robot yang memanfaatkan penutup parit atau got untuk bernavigasi.

Namun cerita ini mungkin baru akan terjadi di Jepang. Bayangkan, para robot beraneka bentuk dan berbalut bahan logam akan bisa ditemui di mana-mana memandu majikannya berjalan-jalan.

Mengapa memanfaatkan penutup parit? Di Jepang, setiap penutup parit diciptakan sangat berseni dan menggambarkan sesuatu tentang kota tersebut. Setiap kota, memiliki gambar dan karakteristik penutup parit yang berbeda-beda.

Nah, keunikan ini lantas dimanfaatkan oleh Hajime Fujii dan timnya dari Shibaura Institute of Technology di Tokyo. Mereka menciptakan robot yang bisa mengetahui keberadaan dirinya dan sang tuan dengan mendeteksi penutup parit di kota itu.

Dari New Scientist yang dikutip detikINET, Rabu (22/2/2011), Hajime menjelaskan, kebanyakan robot navigasi saat ini memanfaatkan metode yang menggunakan GPS, pemindaian laser dan kamera CCD yang membandingkan penglihatan robot dengan peta atau bahkan Google Street View. Robot yang dikembangkan Hajime, memanfaatkan faktor lingkungan sekitar sebagai datanya.

"GPS tidak selalu dapat diandalkan di kota-kota, dan Street View mungkin tidak sangat membantu pada malam hari. Sementara peta, sangat membantu. Tetapi robot tetap perlu mengecek posisi mereka di beberapa hal yang menonjol di sebuah lingkungan," terang Hajime.

Dalam sistem Hajime, informasi bentuk dan deskripsi penutup parit di setiap kota masuk dalam sebuah database. Nantinya, robot akan memindai penutup parit, mengeceknya dengan informasi di database dan mencari tahu di mana dia berada.

( rns / rou )

0 komentar:

Posting Komentar

Kursus HP Jogja

PAKET PILIHAN HEMAT BELAJAR SERVIS SESUAI KEBUTUHAN

1. Paket Software, mendapatkan tutorial dan file Software 4 Tera Data (belum termasuk HDD) Biaya Rp. 1.000.000 (belajar sendiri)

2. Paket Hardware, mendapatkan SpyBerry Tutorial Hardware dalam bentuk flasdisk 8Gb Biaya Rp. 1.500.000 (belajar sendiri)

3. Paket Pelatihan Software, mendapatkan tutorial dan file Software 4 Tera Data (belum termasuk HDD) Biaya Rp. 1.500.000 Waktu Pelatihan 6 hari

4. Paket Pelatihan Hardware, mendapatkan SpyBerry Tutorial Hardware dalam bentuk flasdisk 8Gb Biaya Rp. 2.000.000 Waktu Pelatihan 6 hari

5. Paket Pelatihan Software, mendapatkan tutorial dan file Software 4 Tera Data (belum termasuk HDD) Biaya Rp. 3.000.000 Waktu Pelatihan 30 hari

6. Paket Pelatihan Hardware, mendapatkan SpyBerry Tutorial Hardware dalam bentuk flasdisk 8Gb Biaya Rp. 4.000.000 Waktu Pelatihan 30 hari

INFO : www.KursusHP.com

SpyBerry Tutorial Hardware

Hdd 4 Terabyte Data

Alamat Pelatihan :

BagusLabs Flasher
Jl. Pamungkas km.2
Telp/Wa 0899 506 9969
Yogyakarta

Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kita semua

KursusHP.com

Popular Posts