KursusHP ServisHP Servis EMMC Ganti EMMC kursus teknisi handphone kursus reparasi handphone kursus servis handphone kursus bongkar pasang handphone kursus ganti LCD handphone kursus ganti baterai handphone kursus ganti kamera handphone kursus ganti flash handphone kursus ganti speaker handphone kursus ganti port charger handphone kursus ganti komponen handphone lainnya kursus teknisi handphone murah kursus teknisi handphone cepat kursus teknisi handphone bergaransi kursus teknisi hanpphone dekat

Selasa, 02 November 2010

Android Jadi 'Mimpi Buruk' BlackBerry


Ilustrasi (Ist.)

aJakarta - Deretan ponsel Android yang terus meraksasa terus memakan korban pangsa pasar handset lain. Salah satu yang paling tertekan atas hegemoni Android ini adalah BlackBerry besutan Research In Motion (RIM).

Android bahkan dinilai analis bak 'mimpi buruk' bagi BlackBerry. Menurut data lembaga riset Canalys misalnya, penjualan Android kini telah menguasai 44 persen pangsa pasar smartphone di Amerika Serika pada kuartal tiga 2010. Disusul oleh Apple yang menggeser RIM di posisi ketiga dengan 26 persen daerah kekuasaan.

Lembaga riset lain pun menyajikan perhitungan yang kurang lebih sama. Setali tiga uang dengan Canalys, NPD juga menyebut Android mendapat 44 persen proporsi penjualan ponsel pintar di AS selama Q3 2010. Jumlah ini melonjak 11 persen ketimbang kuartal kedua 2010.

NPD pun menempatkan iOS Apple di posisi kedua dengan 23 persen. Sementara RIM terpuruk di posisi ketiga dengan presentase 22 persen. Hasil ini tentu saja terbilang buruk bagi RIM. Sebab pada kuartal tiga 2009, vendor asal Kanada ini tercatat masih menguasai 46 persen pasar.

Kini, keadaan berbalik 180 derajat. Android sudah menjadi penguasa pasar smartphone AS. Padahal pada kuartal tiga 2009 lalu, penjualan Android cuma 3 persen dari pangsa pasar. Bandingkan dengan perolehan penjualan mereka di Q3 2010 yang mencapai 44 persen. Luar biasa lonjakan yang diraih.

"Banyak pertumbuhan pasar Android yang memakan pasarnya RIM ketimbang Apple. HTC Evo 4G, Motorola Droid X, dan handset kelas atas Android lainnya telah menemukan momentum mereka di carrier yang sebelumnya menjadi basis bisnis RIM. Beruntung dirilisnya BlackBerry Torch cukup mampu menahan gempuran Android ini," tukas analis dari NPD,Ross Rubin, dikutip detikINET dari ZdNet, Selasa (2/11/2010).

( ash / rns )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages