09.59   BagusLabs®™   ,    No comments

Ilustrasi (Ist.)

Jakarta - Ketimbang berbisnis di dalam negeri, game house Tanah Air ternyata lebih suka menjual karyanya ke luar negeri. Selain dihargai lebih mahal proses penjualannya pun dinilai lebih mudah.

"Mending jual ke luar negeri ketimbang di dalam negeri," ujar Garibaldy W. Mukti, Chief Marketing Officer Nightspade, salah satu software development asal Bandung, saat berbincang dengan detikINET.

Gari, demikian pria ini akrab dipanggil, bertindak seperti itu bukannya tidak nasionalis. Namun hal ini terpaksa dilakukan lantaran belajar dari pengalaman yang telah dia ecap. Menurutnya, dengan kompleksitas dan desain yang sama, perusahaan dalam negeri menghargai hasil karya software/game lebih murah ketimbang perusahaan asing.

"Kita pernah terima proyek game dari lokal. Itu cuma Rp 5 juta. Sedangkan di luar, kita bisa dihargai USD 8.500 USD atau sekitar Rp 76,5 juta ($1 = Rp 9.000). Itu dengan kompleksitas dan desain yang hampir sama," jelasnya.

Minimnya kepercayaan investor dalam negeri dalam menghargai game karya anak bangsa juga menjadi salah satu kendala. Selain itu, prosedur yang rumit kerap kali diterapkan oleh investor lokal.

"Kita pernah kerjasama dengan salah satu perusahaan di Korea. Itu tinggal submit saja dan membayar USD 300. Tanpa pernah ketemu secara fisik dengan perusahaan tersebut. Kalau di sini, untuk aplikasi mobile saja kita harus deposit ke provider dan kita tidak tahu berapa yang didapatkan," ungkapnya.

Saat ini, Nightspade sendiri lebih banyak menerima proyek dari luar negeri. "Hampir 95 persen kita kerjain proyek dari luar," pungkasnya.

( afz / ash )

0 komentar:

Posting Komentar

Kursus HP Jogja

PAKET PILIHAN HEMAT BELAJAR SERVIS SESUAI KEBUTUHAN

1. Paket Software, mendapatkan tutorial dan file Software 4 Tera Data (belum termasuk HDD) Biaya Rp. 1.000.000 (belajar sendiri)

2. Paket Hardware, mendapatkan SpyBerry Tutorial Hardware dalam bentuk flasdisk 8Gb Biaya Rp. 1.500.000 (belajar sendiri)

3. Paket Pelatihan Software, mendapatkan tutorial dan file Software 4 Tera Data (belum termasuk HDD) Biaya Rp. 1.500.000 Waktu Pelatihan 6 hari

4. Paket Pelatihan Hardware, mendapatkan SpyBerry Tutorial Hardware dalam bentuk flasdisk 8Gb Biaya Rp. 2.000.000 Waktu Pelatihan 6 hari

5. Paket Pelatihan Software, mendapatkan tutorial dan file Software 4 Tera Data (belum termasuk HDD) Biaya Rp. 3.000.000 Waktu Pelatihan 30 hari

6. Paket Pelatihan Hardware, mendapatkan SpyBerry Tutorial Hardware dalam bentuk flasdisk 8Gb Biaya Rp. 4.000.000 Waktu Pelatihan 30 hari

INFO : www.KursusHP.com

SpyBerry Tutorial Hardware

Hdd 4 Terabyte Data

Alamat Pelatihan :

BagusLabs Flasher
Jl. Pamungkas km.2
Telp/Wa 0899 506 9969
Yogyakarta

Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kita semua

KursusHP.com

Popular Posts