KursusHP ServisHP Servis EMMC Ganti EMMC kursus teknisi handphone kursus reparasi handphone kursus servis handphone kursus bongkar pasang handphone kursus ganti LCD handphone kursus ganti baterai handphone kursus ganti kamera handphone kursus ganti flash handphone kursus ganti speaker handphone kursus ganti port charger handphone kursus ganti komponen handphone lainnya kursus teknisi handphone murah kursus teknisi handphone cepat kursus teknisi handphone bergaransi kursus teknisi hanpphone dekat

Kamis, 11 November 2010

Relawan Merapi Terus Bahu Membahu via Twitter



Jakarta - Merapi kian mengganas. Seiring bertambahnya jumlah pengungsi, bantuan bahan makanan terus mengalir. Relawan pun terus bahu membahu menolong para korban. Kini tak ada yang lebih efektif selain penyebaran infromasi lewat jejaring sosial.

Hal itu sudah dilakukan oleh organisasi bernama Jaringan Informasi Lingkar Merapi (Jalin Merapi), yang sudah mulai menyebarkan informasi sejak 25 Oktober 2010 lalu. Sebagai informasi, jaringan ini telah terbangun sejak tahun 2006 dan dikembangkan untuk tanggap darurat Merapi di tahun 2010 ini.

Organisasi dengan akun twitter @jalinmerapi ini berupaya menyajikan data dan informasi perkembangan Gunung Merapi serta dinamika masyarakatnya. Informasi ini berasal langsung dari lapangan dan digali langsung dari dan oleh masyarakat setempat bersama jaringan relawan.

Seperti pantauan detikINET siang ini, Jumat (5/11/2010), selepas erupsi besar dini hari tadi, beragam informasi bantuan terus mengalir dari para relawan. Dengan 17.097 followers, beberapa informasi penting dari posko-poko baru terus di-ReTweet pada akun Twitter @jalinmerapi. Dengan ini jalur distribusi makanan dan obat-obatan menjadi tidak rancu, karena informasi bersifat langsung.

"URGENT!!:adakh bak trbuka yg bs jemput bhn pangan di Ds Girikarto,Panggang siang ini? IDEA perlu 1 mbl lg,sdh arangada driver.CP:Wiji 0274-583900," tulis keterangan pada akun Twitter organisasi tersebut.

"via @timzhoot09: harap bantuan logistik untuk 1000 pengungsi di sma pl van lith muntilan,mendesak," tulis keterangan lain.

"Stadion Maguwo perlu air minum panas untuk menyeduh susu bayi dan balita. Zaki 0818 279 297, Arief 0857 406 33 818," tulis relawan dari Stadion Maguwoharjo Sleman, yang baru saja dijadikan Posko.


Tak Hanya Twitter Saja

Dilansir detikINET dari situs merapi.combine, Jalin Merapi menggunakan beragam media untuk menyampaikan data serta informasi penting dan terkini untuk mendukung proses pengambilan keputusan. Selain Twitter, Jalin Merapi dapat diakses melalui website, Facebook, SMS GAteway, radio komunikasi, telepon, dan posko informasi di lapangan yang dikelola oleh jaringan kerja kerelawanan yang bekerja 24 jam sehari.

Saat ini, Posko informasi Jalin Merapi saat ini telah dibangun di lima titik lokasi, yakni di Yogyakarta, Pakem, Srumbung, Dukun, Selo, dan Kemalang.

( fw / rns )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages