13.22   BagusLabs®™      No comments

Ilustrasi (Ist.)

Jakarta - Pembangunan sebuah gedung perkantoran di era kemajuan teknologi dewasa ini tak hanya menyoroti soal desain yang futuristik dan ramah lingkungan, namun gedung itu juga harus 'pintar'.

'Pintar' yang dimaksud salah satunya adalah seperti dapat menjalankan sistem operasionalnya sendiri tanpa lagi terlalu bergantung dengan tangan-tangan manusia.

Misalnya, ketika terjadi bencana alam maka gedung 'pintar' tersebut sudah mengetahui langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan dengan membiarkan sistem berjalan secara otomatis.

Hal ini bukanlah hal mustahil di hari ini. Nah, salah satu caranya adalah dengan mengembangkan infrastruktur dan jaringan berbasis internet protokol (IP) di dalam gedung tersebut.

Menurut Achmad Sofwan, Presiden Direktur PT Fujitsu Indonesia, jaringan berbasis IP sudah sedemikian pentingnya saat ini, hingga disebut-sebut akan mengubah dunia. Sebab, IP tak hanya bisa digunakan untuk akses data, melainkan juga bisa dioptimalkan untuk pengembangan infrastruktur.

"Peralatan publik sekarang juga sudah banyak yang berbasis IP," tukasnya.

Usman Niandinata, Country Head Network Solution PT Fujitsu Indonesia menambahkan, dengan IP based, segala peralatan sudah terhubungan dalam 'bahasa' yang sama sehingga dapat 'mengerti' satu sama lain. Jika sudah begini, maka akan mudah untuk mengkomunikasikan antar perangkat tersebut.

"Sebuah gedung yang sudah mengadopsi IP base itu bisa mengatur alarm, door access, sensor dan lainnya. Jadi ketika terjadi kebakaran, alarm akan langsung bunyi kemudian diikuti dengan penyemprotan air darurat, penghentian air conditioner (AC),
dan pintu semua dibuka untuk akses keluar penghuni gedung," jelas Usman.

Selain itu, gedung 'pintar' secara tidak langsung juga dapat membuat gedung ramah lingkungan dengan cara menghemat air dan energi. Misalnya, dapat mengatur temperatur AC yang disesuaikan dengan panas lingkungan. Kemudian mengelola pencahayaan (lampu) gedung untuk lebih cermat mengeluarkan energi.

"Hal ini semua bisa diintegrasikan jika sudah berlandaskan IP," tandas Usman.

Proyek Rp 7 Miliar

Fujitsu sendiri baru saja menyelesaikan proyek pembangunan infrastruktur TI modern di JGC Indonesia, perusahaan engineering, konstruksi, dan procurement. Infrastruktur dalam proyek ini mencakup jaringan data berbasis IP dan data center.

"Kami harus mengandalkan infrastruktur TI sendiri ketika menjalankan proyek dari klien. Sudah pasti kami membutuhkan infrastruktur TI yang baru dan lebih canggih," kata Adhi Sumarhadi, Departemen Manager, IT Departement, Design Engineering
Division JGC Indonesia dalam keterangan tertulisnya yang dikutip detikINET, Kamis (7/4/2011).

Kini, perusahaan yang kliennya mayoritas di sektor migas tersebut memiliki data center yang standar, menerapkan praktik-praktik terbaik dalam hal pengaturan kabel, daya, pendingin, storage dan manajemennya.

Proyek ini diselesaikan Fujitsu dalam jangka waktu lima bulan dan dengan nilai proyek mencapai Rp 7 miliar.

( ash / ash )

0 komentar:

Posting Komentar

Kursus HP Jogja

PAKET PILIHAN HEMAT BELAJAR SERVIS SESUAI KEBUTUHAN

1. Paket Software, mendapatkan tutorial dan file Software 4 Tera Data (belum termasuk HDD) Biaya Rp. 1.000.000 (belajar sendiri)

2. Paket Hardware, mendapatkan SpyBerry Tutorial Hardware dalam bentuk flasdisk 8Gb Biaya Rp. 1.500.000 (belajar sendiri)

3. Paket Pelatihan Software, mendapatkan tutorial dan file Software 4 Tera Data (belum termasuk HDD) Biaya Rp. 1.500.000 Waktu Pelatihan 6 hari

4. Paket Pelatihan Hardware, mendapatkan SpyBerry Tutorial Hardware dalam bentuk flasdisk 8Gb Biaya Rp. 2.000.000 Waktu Pelatihan 6 hari

5. Paket Pelatihan Software, mendapatkan tutorial dan file Software 4 Tera Data (belum termasuk HDD) Biaya Rp. 3.000.000 Waktu Pelatihan 30 hari

6. Paket Pelatihan Hardware, mendapatkan SpyBerry Tutorial Hardware dalam bentuk flasdisk 8Gb Biaya Rp. 4.000.000 Waktu Pelatihan 30 hari

INFO : www.KursusHP.com

SpyBerry Tutorial Hardware

Hdd 4 Terabyte Data

Alamat Pelatihan :

BagusLabs Flasher
Jl. Pamungkas km.2
Telp/Wa 0899 506 9969
Yogyakarta

Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kita semua

KursusHP.com

Popular Posts