19.26   BagusLabs®™   ,    No comments

Salah satu robot Unikom (afz/inet)

Bandung - Selama ini perhatian pemerintah terhadap bidang robotika di Indonesia masih dirasa kurang. Padahal banyak kampus di Indonesia yang menorehkan prestasi di tingkat dunia. Unikom misalnya. Dalam 3 tahun berturut-turut, kampus ini berhasil menjadi juara dunia di RoboGames.

Pendapat ini disampaikan oleh Rektor Unikom, Eddy Soeryanto Soegoto saat berbincang dengan detikINET, Selasa (19/4/2011).

"Kita sangat berharap pemerintah bisa memberi perhatian lebih. Jangan sampai anak bangsa yang hebat ini tidak difasilitasi. Mereka ini membawa nama bangsa loh. Mereka ini memberikan citra positif untuk nama bangsa ini di tingkat dunia," harapnya.

Tim Robotika Unikom berhasil mempertahankan gelar juaranya di RoboGames yang digelar di San Mateo, California, Amerika Serikat tanggal 15-17 April 2011. Dalam kejuaran tingkat dunia itu, tim yang diketuai oleh Yusrilla Kerlooza ini berhasil menyabet emas untuk kategori Open Fire Fighting Autonomous dan Open Ribbon Climber Autonomous.

Tak hanya itu, seminggu sebelumnya, tim ini juga berhasil memboyong dua emas dan satu perunggu untuk kategori RoboWaiter di 18 th Trinity College Fire Fighting Home Robot Contest yang digelar di Trinity College, Hartford, Connecticut, Amerika Serikat.

Selain Unikom, dalam 18 th Trinity College Fire Fighting Home Robot Contest ini ada dua kampus negeri lainnya yang mewakili Indonesia. Keduanya adalah ITB dan UGM. Sama seperti Unikom, kedua kampus ini juga berhasil meraih emas untuk kategori Fire Fighting.

Tapi berbeda dengan ITB dan UGM yang dibiayai oleh Dirjen Dikti, Unikom memberangkatkan timnya dengan merogoh kocek sendiri. Ini dilakukan oleh Eddy agar menunjukan bahwa siapapun bisa berprestasi dengan atau tanpa dukungan dari pemerintah. Khususnya dalam hal dana.

"Kita ke Amerika boleh dibilang seluruhnya dibiayai oleh Unikom. Kita tidak bergantung pada pemerintah. Ada atau tidak ada dana dari pemerintah, kita tetap akan kirimkan tim kita untuk berlomba di luar. Saya berharap pimpinan Perguruan Tinggi lainnya juga jangan selalu berharap ada bantuan baru inovasi dan berkreasi," paparnya.

( afz / wsh )

0 komentar:

Posting Komentar

Kursus HP Jogja

PAKET PILIHAN HEMAT BELAJAR SERVIS SESUAI KEBUTUHAN

1. Paket Software, mendapatkan tutorial dan file Software 4 Tera Data (belum termasuk HDD) Biaya Rp. 1.000.000 (belajar sendiri)

2. Paket Hardware, mendapatkan SpyBerry Tutorial Hardware dalam bentuk flasdisk 8Gb Biaya Rp. 1.500.000 (belajar sendiri)

3. Paket Pelatihan Software, mendapatkan tutorial dan file Software 4 Tera Data (belum termasuk HDD) Biaya Rp. 1.500.000 Waktu Pelatihan 6 hari

4. Paket Pelatihan Hardware, mendapatkan SpyBerry Tutorial Hardware dalam bentuk flasdisk 8Gb Biaya Rp. 2.000.000 Waktu Pelatihan 6 hari

5. Paket Pelatihan Software, mendapatkan tutorial dan file Software 4 Tera Data (belum termasuk HDD) Biaya Rp. 3.000.000 Waktu Pelatihan 30 hari

6. Paket Pelatihan Hardware, mendapatkan SpyBerry Tutorial Hardware dalam bentuk flasdisk 8Gb Biaya Rp. 4.000.000 Waktu Pelatihan 30 hari

INFO : www.KursusHP.com

SpyBerry Tutorial Hardware

Hdd 4 Terabyte Data

Alamat Pelatihan :

BagusLabs Flasher
Jl. Pamungkas km.2
Telp/Wa 0899 506 9969
Yogyakarta

Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kita semua

KursusHP.com

Popular Posts