KursusHP ServisHP Servis EMMC Ganti EMMC kursus teknisi handphone kursus reparasi handphone kursus servis handphone kursus bongkar pasang handphone kursus ganti LCD handphone kursus ganti baterai handphone kursus ganti kamera handphone kursus ganti flash handphone kursus ganti speaker handphone kursus ganti port charger handphone kursus ganti komponen handphone lainnya kursus teknisi handphone murah kursus teknisi handphone cepat kursus teknisi handphone bergaransi kursus teknisi hanpphone dekat

Selasa, 02 November 2010

Barbie Berkamera 'Diperangi' Psikolog Anak


Barbie Video Girl

Jakarta - Anak-anak perempuan pastinya senang mengetahui boneka Barbie mereka dilengkapi kamera built-in. Sayangnya, hal ini menuai kritikan di kalangan psikolog anak dan pengamat kebijakan privasi. Apa sebabnya?

Keputusan MATTEL, perusahaan yang menciptakan Barbie untuk melengkapi boneka cantiknya itu dengan gadget tentu bukan tanpa sebab. Mengingat anak-anak jaman sekarang akrab dengan teknologi, MATTEL pun tak ketinggalan memberikan sentuhan teknologi modern agar produknya lebih menarik.

Namun seperti dilansir Sydney Morning Herald dan dikutip detikINET, Selasa (02/11/2010), kemunculan Barbie Video Girl, demikian sebutannya, menuai kritik karena memungkinkan anak-anak merekam video mereka atau orang lain.

Boneka yang dibanderol seharga USD 109 atau sekitar Rp 971 ribuan ini juga dilengkapi layar LCD mungil di bagian punggungnya, serta kemampuan merekam video berdurasi 30 menit yang bisa ditransfer ke komputer.

Dikatakan ahli psikolog anak Sally-Anne McCormack, yang dikhawatirkan dari mainan seperti ini adalah ketika disalahgunakan di ranah online. "Pada dasarnya ini adalah kamera tersembunyi, anak-anak tidak mengerti video klip seperti cara pandang orang dewasa. Bisa saja ada rekaman tidak pantas yang mereka unggah ke YouTube misalnya," kata Sally.

Senada dengan Sally, pengamat kebijakan privasi dari Liberty Victoria, Michael Pearce mengatakan, mainan seperti ini rentan merekam peristiwa yang bisa saja bersifat personal dan tersebar ke publik. ( rns / ash )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages