23.38   BagusLabs®™   , ,    No comments

Pengganti styrofoam, terbuat dari jamur (Ist)

Jakarta - Dell berencana mengapalkan produknya dengan kemasan yang terbuat dari jamur. Ini adalah salah satu upaya yang dilakukan perusahaan Amerika Serikat (AS) itu agar ramah lingkungan.

Disebutkan Dell, percobaan akan dilakukan pekan ini, dengan mengapalkan server PowerEdge R710. Kemasan berbahan jamur tersebut, menggantikan bahan styrofoam dan polyethylene yang biasanya mereka gunakan.

Karena terbuat dari jamur, kemasan ini akan mudah terurai dan tidak mencemari lingkungan. Dell juga akan mengombinasikan empat server dalam satu boks, sehingga dapat lebih menghemat ruang dan mengurangi dampak lebih jauh dari kemasan produknya.

"Bantalan pengganti styrofoam dari jamur ini unik karena ditumbuhkan dan diproduksi bukan dengan cara tradisional seperti yang kita bayangkan," kata Oliver Campbell, Procurement Director dalam blognya.

Pada blog Dell yang dikutip detikINET, Kamis (7/4/2011), Campbell menjelaskan proses penumbuhan jamur untuk kemasan produknya itu. Yakni, produk limbah seperti kulit kapas ditempatkan dalam cetakan yang kemudian disuntikkan dengan sulur jamur.

"Bantalan itu perlu 5-10 hari untuk tumbuh sebagai sulur, dan kemudian menjadi struktur akar yang dalam bahasa ilmiah disebut sebagai mycelium," jelasnya.

Dia menambahkan, semua energi yang diperlukan untuk membentuk bantalan itu dipasok dari karbohidrat dan gula dalam wadah tempat limbah.

"Kami percaya, kemasan dari jamur sangat baik untuk berbagai produk kami yang lebih berat seperti server dan komputer desktop," kata Campbell.

Sebelumnya, Dell juga sudah pernah mencoba alternatif kemasan 'hijau' lainnya yakni menggunakan tanaman bambu. Beberapa notebook dan smartphone Dell dikapalkan menggunakan kemasan berbahan bambu.

"Karakteristik bambu lebih cocok untuk kemasan produk notebook dan smartphone," tandasnya.

( rns / ash )

0 komentar:

Posting Komentar

Kursus HP Jogja

PAKET PILIHAN HEMAT BELAJAR SERVIS SESUAI KEBUTUHAN

1. Paket Software, mendapatkan tutorial dan file Software 4 Tera Data (belum termasuk HDD) Biaya Rp. 1.000.000 (belajar sendiri)

2. Paket Hardware, mendapatkan SpyBerry Tutorial Hardware dalam bentuk flasdisk 8Gb Biaya Rp. 1.500.000 (belajar sendiri)

3. Paket Pelatihan Software, mendapatkan tutorial dan file Software 4 Tera Data (belum termasuk HDD) Biaya Rp. 1.500.000 Waktu Pelatihan 6 hari

4. Paket Pelatihan Hardware, mendapatkan SpyBerry Tutorial Hardware dalam bentuk flasdisk 8Gb Biaya Rp. 2.000.000 Waktu Pelatihan 6 hari

5. Paket Pelatihan Software, mendapatkan tutorial dan file Software 4 Tera Data (belum termasuk HDD) Biaya Rp. 3.000.000 Waktu Pelatihan 30 hari

6. Paket Pelatihan Hardware, mendapatkan SpyBerry Tutorial Hardware dalam bentuk flasdisk 8Gb Biaya Rp. 4.000.000 Waktu Pelatihan 30 hari

INFO : www.KursusHP.com

SpyBerry Tutorial Hardware

Hdd 4 Terabyte Data

Alamat Pelatihan :

BagusLabs Flasher
Jl. Pamungkas km.2
Telp/Wa 0899 506 9969
Yogyakarta

Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kita semua

KursusHP.com

Popular Posts