KursusHP ServisHP Servis EMMC Ganti EMMC kursus teknisi handphone kursus reparasi handphone kursus servis handphone kursus bongkar pasang handphone kursus ganti LCD handphone kursus ganti baterai handphone kursus ganti kamera handphone kursus ganti flash handphone kursus ganti speaker handphone kursus ganti port charger handphone kursus ganti komponen handphone lainnya kursus teknisi handphone murah kursus teknisi handphone cepat kursus teknisi handphone bergaransi kursus teknisi hanpphone dekat

Kamis, 07 April 2011

Pembungkus Server Dell Dibuat dari Jamur


Pengganti styrofoam, terbuat dari jamur (Ist)

Jakarta - Dell berencana mengapalkan produknya dengan kemasan yang terbuat dari jamur. Ini adalah salah satu upaya yang dilakukan perusahaan Amerika Serikat (AS) itu agar ramah lingkungan.

Disebutkan Dell, percobaan akan dilakukan pekan ini, dengan mengapalkan server PowerEdge R710. Kemasan berbahan jamur tersebut, menggantikan bahan styrofoam dan polyethylene yang biasanya mereka gunakan.

Karena terbuat dari jamur, kemasan ini akan mudah terurai dan tidak mencemari lingkungan. Dell juga akan mengombinasikan empat server dalam satu boks, sehingga dapat lebih menghemat ruang dan mengurangi dampak lebih jauh dari kemasan produknya.

"Bantalan pengganti styrofoam dari jamur ini unik karena ditumbuhkan dan diproduksi bukan dengan cara tradisional seperti yang kita bayangkan," kata Oliver Campbell, Procurement Director dalam blognya.

Pada blog Dell yang dikutip detikINET, Kamis (7/4/2011), Campbell menjelaskan proses penumbuhan jamur untuk kemasan produknya itu. Yakni, produk limbah seperti kulit kapas ditempatkan dalam cetakan yang kemudian disuntikkan dengan sulur jamur.

"Bantalan itu perlu 5-10 hari untuk tumbuh sebagai sulur, dan kemudian menjadi struktur akar yang dalam bahasa ilmiah disebut sebagai mycelium," jelasnya.

Dia menambahkan, semua energi yang diperlukan untuk membentuk bantalan itu dipasok dari karbohidrat dan gula dalam wadah tempat limbah.

"Kami percaya, kemasan dari jamur sangat baik untuk berbagai produk kami yang lebih berat seperti server dan komputer desktop," kata Campbell.

Sebelumnya, Dell juga sudah pernah mencoba alternatif kemasan 'hijau' lainnya yakni menggunakan tanaman bambu. Beberapa notebook dan smartphone Dell dikapalkan menggunakan kemasan berbahan bambu.

"Karakteristik bambu lebih cocok untuk kemasan produk notebook dan smartphone," tandasnya.

( rns / ash )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages