22.34   BagusLabs®™   ,    No comments

Robot pemain piano.

Jakarta - Karena kepiawaiannya memainkan piano, sebuah robot ciptaan tim dari Drexel University, Philadelphia dijuluki sebagai robot 'Elton John'. Sehebat Elton John asliunya kah kemampuan robot ini?

Robot humanoid yang dikembangkan Alyssa Batula dan Yougmoo Kim ini bisa memainkan musik skor apa saja secara spontan. Batula dan Kim menggunakan robot itu untuk mengeksplorasi performa musikal yang meliputi kemampuan pengenalan dana, harmonisasi, ekspresi dan interaksi dengan musisi sungguhan.

Sejauh ini, robot 'Elton John' sudah bisa memainkan piano pada tingkat 200 beat per menit. Sayangnya, meski pandai membaca skor musik digital, kedua tangan si robot hanya memiliki dua jari sehingga hanya bisa memainkan lagu-lagu dengan melodi sederhana seperti Twinkle Twinkle Little Star misalnya.

Dikutip detikINET dari New Scientist, Jumat (17/12/2010), sang robot berukuran cukup mungil dengan tinggi kurang dari 40 cm. Seluruh kinerjanya dikendalikan oleh prosesor on-board kecil processor dan sebuah komputer yang mengirimkan perintah untuk memainkan lagu. Tangan robot dikontrol oleh motor penggerak dan posisi mereka diawasi serta diupdate setiap 20 milisecond.

Sang 'Elton John' sewaktu-waktu bisa saja menekan tuts piano yang salah, namun ini bisa diminamilisir berkat teknologi algoritma pendeteksi nada. Jika nada yang dimainkan salah, sistem akan mengecek apakah nada tersebut cocok dengan tuts piano lainnya agar robot tidak mengulang kesalahan yang sama.

Hebatnya lagi, 'Elton John' ini juga menggunakan algoritma untuk mendeteksi nada yang dimainkan musisi lain sehingga si robot bisa mengikuti permainan musik dan saling berharmonisasi.

"Robot ini merupakan langkah awal dalam mengembangkan robot pianis humanoid. Selanjutnya, kami berencana mengembangkan sistem sehingga robot-robot ini nantinya bisa berkolaborasi dalam memainkan musik," kata Batula.

Dia juga menyebutkan dirinya dan Kim akan menambahkan kamera di kepala 'Elton John' agar bisa mengetahui bahwa posisi tangannya diletakkan dengan benar di atas tuts-tuts piano. ( rns / ash )

0 komentar:

Posting Komentar

Kursus HP Jogja

PAKET PILIHAN HEMAT BELAJAR SERVIS SESUAI KEBUTUHAN

1. Paket Software, mendapatkan tutorial dan file Software 4 Tera Data (belum termasuk HDD) Biaya Rp. 1.000.000 (belajar sendiri)

2. Paket Hardware, mendapatkan SpyBerry Tutorial Hardware dalam bentuk flasdisk 8Gb Biaya Rp. 1.500.000 (belajar sendiri)

3. Paket Pelatihan Software, mendapatkan tutorial dan file Software 4 Tera Data (belum termasuk HDD) Biaya Rp. 1.500.000 Waktu Pelatihan 6 hari

4. Paket Pelatihan Hardware, mendapatkan SpyBerry Tutorial Hardware dalam bentuk flasdisk 8Gb Biaya Rp. 2.000.000 Waktu Pelatihan 6 hari

5. Paket Pelatihan Software, mendapatkan tutorial dan file Software 4 Tera Data (belum termasuk HDD) Biaya Rp. 3.000.000 Waktu Pelatihan 30 hari

6. Paket Pelatihan Hardware, mendapatkan SpyBerry Tutorial Hardware dalam bentuk flasdisk 8Gb Biaya Rp. 4.000.000 Waktu Pelatihan 30 hari

INFO : www.KursusHP.com

SpyBerry Tutorial Hardware

Hdd 4 Terabyte Data

Alamat Pelatihan :

BagusLabs Flasher
Jl. Pamungkas km.2
Telp/Wa 0899 506 9969
Yogyakarta

Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kita semua

KursusHP.com

Popular Posts