KursusHP ServisHP Servis EMMC Ganti EMMC kursus teknisi handphone kursus reparasi handphone kursus servis handphone kursus bongkar pasang handphone kursus ganti LCD handphone kursus ganti baterai handphone kursus ganti kamera handphone kursus ganti flash handphone kursus ganti speaker handphone kursus ganti port charger handphone kursus ganti komponen handphone lainnya kursus teknisi handphone murah kursus teknisi handphone cepat kursus teknisi handphone bergaransi kursus teknisi hanpphone dekat

Kamis, 09 Desember 2010

Meski 'Nggak Logis', Hoax BBM Tetap Laris


ilustrasi (inet)

Jakarta - Pernah menerima pesan via BlackBerry Messenger (BBM) yang meminta untuk menyebarkan pesan karena server BBM di Kanada sedang 'lemot'? Meski tidak logis, hoax itu ternyata laris beredar.

"Harap di kirimkan ke smua teman BBM anda, karena server di KANADA mau di tutup karena lemot.. Kalau tidak BBM anda akan otomatis terhapus.."

Demikian cuplikan akhir pesan BBM yang belakangan ramai beredar, seperti dikutip detikINET, Kamis (9/12/2010). Tak hanya yang berbahasa Indonesia, pesan serupa juga muncul dalam Bahasa Inggris.

Berikut cuplikannya: "This is the real broadcast from Blackberry© All rights reserved. Broadcast this message to every single contact on your BBM© to reset your display picture, sorry for any inconvenience."

Alfons Tanujaya, analis antivirus dari Vaksincom, mengatakan kepada detikINET, Kamis (9/12/2010), bahwa pesan itu memiliki kesalahan logika. Meski logikanya sulit diterima, lanjutnya, ternyata masih banyak orang yang tetap giat meneruskan pesan itu ke teman-temannya.

"Ini ibaratnya orang sudah sekarat susah napas, lalu untuk menolongnya disuruh cabut selang oksigennya. Bukannya kalau server sudah penuh malah harus hindari broadcast?" ujar Alfons.


Ciri Hoax

Alfons pun memaparkan beberapa ciri hoax yang bisa jadi pertimbangan sebelum meneruskan pesan berantai semacam itu. Berikut adalah ciri-ciri hoax dari pesan tersebut, sesuai penuturan Alfons:

  • Perusahaan IT, apalagi sekelas RIM, sangat menghindari Broadcast message. Namun hoax itu berusaha memberi kesan resmi lewat kalimat berikut: This is the real broadcast from Blackberry.
  • Disertai ancaman. Kalau tidak broadcast maka account BBM-nya akan dinonaktifkan. Kalau broadcast maka akan dapat update otomatis.
  • Pembuat hoax pintar mengambil masalah yang kerap dihadapi BBM user. Lihat saja kalimat berikut: If Your display pic won't change, it's because 'Blackberry' is updating, please send this message to all your contact so yours can be updated.
( wsh / wsh )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages