18.52   BagusLabs®™   ,    No comments

Robot buatan ITB (inet)

Bandung - ITB berencana untuk mengembangkan robot yang bisa membantu manusia, salah satunya adalah untuk pencari korban bencana. Namun ITB masih membutuhkan dana untuk riset robot tersebut.

Demikian diungkapkan oleh peneliti robot sekaligus dosen Sekolah Teknik Elektro & Informatika (STEI) ITB, Kusprasapta Mutijarsa saat berbincang santai dengan detikINET.

"Memang kita sudah ada dana untuk itu (riset - red). Tapi kalau bicara kurang atau tidak itu relatif. Karena berbasis kampus, maka dananya kan tergantung dari anggaran. Kalau ada kita jalan, kalau tidak ada yang kita tetap berusaha dengan seadanya," ungkapnya.

Saat ini ITB tengah mengembangkan robot yang bisa membantu manusia untuk mencari korban bencana. Riset untuk membuat robot penanggulangan dan penyelematan bencana alam tersebut sudah dilakukan sejak tiga tahun lalu.

"Risetnya sudah sejak tiga tahun lalu. Saat ini masih prototype dan kita terus kembangkan. Faktor dana dan komponen yang sebagian dibuat di luar negeri menjadi kendala utama dalam pengembangan riset ini," katanya.

Disinggung berapa banyak biaya yang dibutuhkan untuk melakukan riset tersebut, Soni -biasa pria ini dipanggil- mengatakan bahwa untuk membangun satu unit robot dibutuhkan biaya sedikitnya Rp 50 juta.

"Dengan waktu sekitar 2-3 bulan untuk merakitnya, kita butuh sekitar Rp 100-200 juta per tahun. Itu untuk kepentingan riset saja. Karena saat kita melakukan riset kita kan melakukan percobaan-percobaan. Nah, IC meledak atau komponen rusak saat percobaan itu sudah biasa. Ini yang membuat biayanya cukup besar," tuturnya.

Sebetulnya, sambung Soni, dari pihak kampus juga ada alokasi dana untuk riset tersebut. Namun jumlahnya terbatas. Selama ini dirinya mengandalkan dana kampus dan donasi dari alumni untuk bisa mendanai riset tersebut.

"Apa ada perusahaan-perusahaan yang mensponsori ini (riset robot - red)? Saya tidak tahu. Kita selama ini ya hanya mengandalkan dari kampus dan dari alumni," katanya.

Soni menambahkan, jika memiliki dana untuk riset maka dalam waktu 3-5 tahun ke depan, robot-robot yang tengah dikembangkannya bisa diimplementasikan.

( afz / eno )

0 komentar:

Posting Komentar

Kursus HP Jogja

PAKET PILIHAN HEMAT BELAJAR SERVIS SESUAI KEBUTUHAN

1. Paket Software, mendapatkan tutorial dan file Software 4 Tera Data (belum termasuk HDD) Biaya Rp. 1.000.000 (belajar sendiri)

2. Paket Hardware, mendapatkan SpyBerry Tutorial Hardware dalam bentuk flasdisk 8Gb Biaya Rp. 1.500.000 (belajar sendiri)

3. Paket Pelatihan Software, mendapatkan tutorial dan file Software 4 Tera Data (belum termasuk HDD) Biaya Rp. 1.500.000 Waktu Pelatihan 6 hari

4. Paket Pelatihan Hardware, mendapatkan SpyBerry Tutorial Hardware dalam bentuk flasdisk 8Gb Biaya Rp. 2.000.000 Waktu Pelatihan 6 hari

5. Paket Pelatihan Software, mendapatkan tutorial dan file Software 4 Tera Data (belum termasuk HDD) Biaya Rp. 3.000.000 Waktu Pelatihan 30 hari

6. Paket Pelatihan Hardware, mendapatkan SpyBerry Tutorial Hardware dalam bentuk flasdisk 8Gb Biaya Rp. 4.000.000 Waktu Pelatihan 30 hari

INFO : www.KursusHP.com

SpyBerry Tutorial Hardware

Hdd 4 Terabyte Data

Alamat Pelatihan :

BagusLabs Flasher
Jl. Pamungkas km.2
Telp/Wa 0899 506 9969
Yogyakarta

Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kita semua

KursusHP.com

Popular Posts