KursusHP ServisHP Servis EMMC Ganti EMMC kursus teknisi handphone kursus reparasi handphone kursus servis handphone kursus bongkar pasang handphone kursus ganti LCD handphone kursus ganti baterai handphone kursus ganti kamera handphone kursus ganti flash handphone kursus ganti speaker handphone kursus ganti port charger handphone kursus ganti komponen handphone lainnya kursus teknisi handphone murah kursus teknisi handphone cepat kursus teknisi handphone bergaransi kursus teknisi hanpphone dekat

Sabtu, 18 September 2010

AS Desak NATO Bangun 'Tameng Cyber'

Fino Yurio Kristo - detikinet

ilustrasi (ist)

Jakarta - Peperangan cyber makin marak dewasa ini. Amerika Serikat pun mewanti-wanti agar sekutunya di Pakta Pertahanan Atlantik Utara atau NATO membangun 'tameng cyber' untuk melindungi diri dari serangan cyber yang menyasar infrastruktur militer dan ekonomi.

Ya, topik tentang keamanan cyber akan menjadi bahasan kritis dalam pertemuan para pemimpin NATO di Lisabon, Portugal November mendatang. Hal itu ditegaskan oleh deputi Kementerian Pertahanan Amerika Serikat, William Lynn.

"Aliansi ini memiliki peran krusial untuk mengembangkan perlindungan keamanan jaringan kita. NATO telah memiliki pertahanan nuklir, namun diperlukan pula tameng cyber," ucap Lynn seperti dikutip detikINET dari AFP, Kamis (16/9/2010).

Menurut Lynn, dibutuhkan pertahanan kolektif di ranah cyber dengan mengadopsi strategi pada era Perang Dingin. Pemerintah AS telah mengestimasi terdapat lebih dari 100 agen intelijen asing yang mencoba menembus jaringan di AS saja.

Pentagon mengidentifikasi lima pilar dalam pertahanan cyber. Dibutuhkan pengetahuan bahwa ranah cyber adalah medan perang baru, kebutuhan untuk membuat pertahanan yang aktif, perlindungan infrastruktur penting, meningkatkan pertahanan kolektif serta pengembangan teknologi.

"Saya sangat terkesan dengan kesatuan tujuan dan visi yang sama dalam aliansi ini untuk soal ancaman cyber," pungkas Lynn. ( fyk / ash )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages