KursusHP ServisHP Servis EMMC Ganti EMMC kursus teknisi handphone kursus reparasi handphone kursus servis handphone kursus bongkar pasang handphone kursus ganti LCD handphone kursus ganti baterai handphone kursus ganti kamera handphone kursus ganti flash handphone kursus ganti speaker handphone kursus ganti port charger handphone kursus ganti komponen handphone lainnya kursus teknisi handphone murah kursus teknisi handphone cepat kursus teknisi handphone bergaransi kursus teknisi hanpphone dekat

Rabu, 31 Maret 2010

Tolak Pengukur Radiasi, Apple Tutupi Borok iPhone?

Ardhi Suryadhi - detikinet

Screenshot Tawkon (techcrunch)

Jakarta - Radiasi yang ditimbulkan oleh ponsel hingga saat ini masih menjadi misteri. Sebab banyak penelitian yang pro kontra akan kekhawatiran tersebut.

Namun bagi Apple, tudingan soal adanya radiasi ponsel bukanlah suatu hal yang main-main. Bahkan perusahaan yang digawangi Steve Jobs tersebut menolak untuk menjual aplikasi yang coba mengukur radiasi di iPhone.

Aplikasi ini sendiri merupakan besutan Tawkon, pengembang asal Israel. Aplikasi yang mereka tawarkan sejatinya cukup menarik. Sebab dapat memprediksi tingkat radiasi di ponsel pengguna sudah membahayakan atau tidak.

Dikutip detikINET dari Tech Crunch, Senin (8/3/2010), radiasi tersebut diukur berdasarkan kondisi lingkungan, jarak dari menara telekomunikasi (BTS), hingga cara memegang iPhone tersebut.

Sebagai ilustrasi, antena penerima iPhone itu terletak di bagian bawah. Jadi ketika perangkat tersebut digenggam dengan sangat erat maka diklaim akan membuat antena bekerja lebih berat. Nah kondisi ini yang dikhawatirkan bakal meningkatkan radiasi.

Situasi serupa juga dapat terjadi ketika ponsel dan menara telekomunikasi berjarak cukup jauh. Pasalnya, sinyal yang ditangkap oleh ponsel menjadi lemah sehingga membuat kerja antena menjadi lebih berat. Ujung-ujungnya memancarkan radiasi yang lebih tinggi.

Apple sendiri berkilah bahwa alasan ditolaknya aplikasi pengukur radiasi tersebut karena dikhawatirkan bakal menimbulkan kebingungan di para pengguna iPhone dalam cara penggunaan. Bukan lantaran takut jika ternyata iPhone memiliki tingkat radiasi yang sangat tinggi.

Hanya saja, iPhone sepertinya patut khawatir. Sebab dalam sebuah riset yang dilakukan Environmental Working Group (EWG) yang mengukur rating radiasi di sejumlah ponsel terkenal, iPhone didapati menempati posisi ke-5. Artinya, memiliki tingkat radiasi yang cukup tinggi.

Pun demikian, Tawkon mencoba untuk tetap optimistis dan tetap berharap Apple dapat menampung aplikasi mereka yang seharga US$ 5-10 itu. Sambil menunggu luluhnya hati Apple, Tawkon juga tengah mengembangkan aplikasi sejenis untuk berjalan di sistem operasi BlackBerry dan Android. ( ash / faw )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages