09.58   BagusLabs®™   , , ,    No comments
Wicak Hidayat - detikinet

Screenshot Angklung (kiri) dan Gibson (kanan)

Jakarta - Fungsi musik adalah bagian tak terpisahkan dari iPhone. Buktinya, di dalam ponsel dari Apple Inc itu sudah tersedia kemampuan iPod untuk memutar musik dan video.

Maka tak heran jika ada cukup banyak aplikasi berbasis musik yang tersedia di App Store. Aplikasi ini cukup beragam, mulai dari aplikasi simulasialat musik, komposisi musik, belajar musik hingga game berbasis musik.

Nah, berikut ini adalah beberapa di antara aplikasi musik pada iPhone yang sempat dicicipi oleh detikINET:

1. Angklung

Aplikasi ini mungkin wajib dimiliki oleh pengguna iPhone atau iPod Touch di Indonesia. Aplikasi gratis buatan Intuitia yang didistribusikan oleh Elasitas ini menampilkan alat musik bambu khas Indonesia, Angklung.

Suara yang dihasilkan memang tak semerdu angklung sungguhan, namun cukup menimbulkan kesan angklung yang esensinya adalah tumbukan antara bilah-bilah bambu. Pengguna bisa mengatur sensitivitas sensor getaran sesuai keinginannya dan juga mengatur apakah aplikasi itu akan menimbulkan getaran atau tidak.

Angklung tersedia gratis di App Store Indonesia.


2. Baby Scratch

Aplikasi ini cukup menyenangkan bagi mereka yang mau pura-pura jadi DJ. Baby Scratch mensimulasikan perangkat turntable seperti yang biasa digunakan para DJ. Pengguna bisa memutar-mutar piringan dan menghasilkan efek suara yang khas. Pengguna juga bisa merekam suara lewat mikrofon pada iPhone.

Fitur Baby Scratch memang akan terasa sangat terbatas bagi mereka yang biasa nge-DJ. Ini karena pembuat Baby Scratch, developer bernama Async, memiliki penawaran lain bernama Flare yang merupakan aplikasi berbayar.

Baby Scratch tersedia gratis di App Store Indonesia.


3. Gibson Learn & Master Guitar

Bagi yang sedang belajar gitar, aplikasi 'Gibson Learn & Master Guitar' bisa jadi pilihan yang cukup menarik. Pertama-tama, aplikasi ini memiliki Tuner untuk menyetel nada gitar agar pas.

Kemudian di dalamnya juga terdapat metronom untuk menjaga ritme permainan musik. Ketukan bisa diatur dari 1 beat per minute hingga 225 beats per minute, cue-nya pun bisa diatur pada 4/4, 3/4, 2/4 atau tidak ada. Fitur ketiga adalah daftar kord gitar yang bisa digunakan sebagai referensi.

Namun, inti dari aplikasi ini adalah pada video pembelajaran yang bisa diunduh. Video-video yang ada ini merupakan 'cuplikan' dari seri video Gibson Learn & Master Guitar yang diproduksi Gibson dan tersedia secara terpisah.

Gibson Learn & Master Guitar tersedia gratis di App Store Indonesia


4. Tonepad

Tonepad merupakan aplikasi komposisi musik yang sederhana namun cukup membuat betah. Aplikasi ini terdiri dari titik-titik yang tersusun dalam matriks 16x16.

Pengguna cukup menyentuh lingkaran-lingkaran itu untuk mengaktifkan bunyi yang akan diputar berulang-ulang. Komposisi musik pun bisa dibuat dengan mengatur mana lingkaran yang menyala dan mana yang mati dengan membuat pola pada permukaan Tonepad.

Tonepad tersedia secara gratis di App Store Indonesia


5. Tune Runner

Nah, kalau yang satu ini adalah satu dari sekian banyak game berbasis musik yang ada di App Store. Tune Runner memungkinkan pengguna untuk memasang lagu yang ada di koleksinya dan menggunakannya sebagai rintangan dalam game.

Aplikasi ini akan memperhitungkan ketukan dan variasi di dalam lagu untuk menyusun rintangan yang muncul di layar. Pengguna kemudian harus menggunakan jarinya untuk menggambar sesuai bentuk rintangan tersebut pada saat yang tepat.

Tune Runner tersedia secara gratis di App Store Indonesia

Selain lima aplikasi tersebut, detikINET juga mencoba beberapa aplikasi musik lainnya. Berikut adalah daftarnya:

  • Cavachords. Sebuah referensi daftar kord gitar dengan tampilan yang sederhana.
  • Simple Metronome. Aplikasi metronom yang dibangun dengan Adobe Flash CS 5.
  • TouchChords. Aplikasi untuk berlatih posisi jari pada kord gitar tertentu.

Aplikasi-aplikasi di atas telah diuji detikINET menggunakan iPhone 3GS dengan sistem operasi versi 3.1.3.

( wsh / wsh )

0 komentar:

Posting Komentar

Kursus HP Jogja

PAKET PILIHAN HEMAT BELAJAR SERVIS SESUAI KEBUTUHAN

1. Paket Software, mendapatkan tutorial dan file Software 4 Tera Data (belum termasuk HDD) Biaya Rp. 1.000.000 (belajar sendiri)

2. Paket Hardware, mendapatkan SpyBerry Tutorial Hardware dalam bentuk flasdisk 8Gb Biaya Rp. 1.500.000 (belajar sendiri)

3. Paket Pelatihan Software, mendapatkan tutorial dan file Software 4 Tera Data (belum termasuk HDD) Biaya Rp. 1.500.000 Waktu Pelatihan 6 hari

4. Paket Pelatihan Hardware, mendapatkan SpyBerry Tutorial Hardware dalam bentuk flasdisk 8Gb Biaya Rp. 2.000.000 Waktu Pelatihan 6 hari

5. Paket Pelatihan Software, mendapatkan tutorial dan file Software 4 Tera Data (belum termasuk HDD) Biaya Rp. 3.000.000 Waktu Pelatihan 30 hari

6. Paket Pelatihan Hardware, mendapatkan SpyBerry Tutorial Hardware dalam bentuk flasdisk 8Gb Biaya Rp. 4.000.000 Waktu Pelatihan 30 hari

INFO : www.KursusHP.com

SpyBerry Tutorial Hardware

Hdd 4 Terabyte Data

Alamat Pelatihan :

BagusLabs Flasher
Jl. Pamungkas km.2
Telp/Wa 0899 506 9969
Yogyakarta

Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kita semua

KursusHP.com

Popular Posts