KursusHP ServisHP Servis EMMC Ganti EMMC kursus teknisi handphone kursus reparasi handphone kursus servis handphone kursus bongkar pasang handphone kursus ganti LCD handphone kursus ganti baterai handphone kursus ganti kamera handphone kursus ganti flash handphone kursus ganti speaker handphone kursus ganti port charger handphone kursus ganti komponen handphone lainnya kursus teknisi handphone murah kursus teknisi handphone cepat kursus teknisi handphone bergaransi kursus teknisi hanpphone dekat

Senin, 01 Maret 2021

Fenomena Aneh Moncong Aligator Bermunculan dari Lapisan Es

 Moncong aligator bermunculan di lapisan es

Jakarta - Beberapa wilayah di Amerika Serikat saat ini sedang mengalami musim dingin yang cukup parah, termasuk di negara bagian Oklahoma. Akibatnya muncul fenomena aneh di mana aligator mengeluarkan moncongnya dari lapisan es.

Di tengah musim dingin yang menusuk tulang, aligator-aligator ini justru berenang di bawah lapisan es dan mengeluarkan moncongnya seperti sedang snorkeling. Menurut ilmuwan, ini adalah perilaku yang normal.

"Setiap kali membeku, ini adalah respons alami (pada aligator)," kata Wildlife Diversity Communication Specialist dari Oklahoma Department of Wildlife Conservation Jena Donnell, seperti dikutip dari LiveScience, Senin (1/3/2021).

"Karena air di sekitar mereka membeku, mereka harus membuat 'snorkel', jadi mereka mengeluarkan hidung mereka dari air untuk menjauhkan air tanpa es, agar mereka masih bisa bernapas," sambungnya.

Aligator adalah hewan berdarah dingin, atau ectothermic, yang artinya temperatur tubuhnya bisa berubah tergantung pada temperatur di sekitarnya. Karena itu hewan reptil ini sering ditemukan berjemur di bawah sinar matahari atau di liang lubang yang mereka gali.

Saat habitat mereka mengalami temperatur yang dingin, aligator tidak lagi berjemur di luar karena suhu udara bisa lebih dingin daripada air.

Jika berdiam di lubang, aligator terancam terjebak jika air di sekitarnya membeku. Karena itu mereka memilih untuk berenang di air dan mengeluarkan moncongnya untuk memastikan mereka tetap memiliki cukup oksigen.

Jika air tempatnya berenang dingin, tapi tidak membeku, aligator bisa saja berenang ke tempat yang lebih dalam karena suhu airnya lebih hangat dibandingkan air di permukaan.

Sayangnya tidak semua aligator bisa melewati musim dingin yang brutal di suaka Red Slough Wildlife Management Area di tenggara Oklahoma. Donnell tidak mengetahui secara pasti jumlah aligator yang mati, tapi sebagian besar masih berusia muda.

"Sebagian besar (aligator) dewasa mampu bertahan dalam cuaca dingin. Selalu menarik bagaimana hewan akan beradaptasi dan bagaimana mereka bisa mengeluarkan teknik bertahan hidup yang berbeda," kata Donnell.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages