19.12   BagusLabs®™      No comments

 Rover Perseverance


Jakarta - Perlombaan ke Planet Mars menjadi perhatian dunia ketika NASA berhasil mengirimkan robot rover Perseverance. Ini bukan robot sembarang robot.

Dilansir dari situs resmi NASA, Minggu (21/3/2021) Perseverance adalah robot mobil rover tercanggih milik badan antariksa Amerika saat ini. Tugasnya tidak main-main, mencari tanda kehidupan kuno dan mengumpulkan bebatuan untuk dibawa pulang ke Bumi.

Namanya dipilih dari hasil lomba yang diumumkan pada 5 Maret 2020. Nama ini usulan siswa kelas 7 bernama Alex Mather. Perseverance artinya adalah Kegigihan, nama yang cocok untuk misi sulit ke Planet Mars

Perseverance berangkat dari Cape Canaveral, Florida pada 30 Juli 2020. Butuh perjalanan 7 bulan hingga akhirnya mendarat d Kawah Jezero, Planet Mars pada 18 Februari 2021. Sungguh sebuah peristiwa bersejarah.

Perseverance adalah penerus robot Curiosity dengan versi lebih canggih. Ukurannya adalah 3 x 2,7 x 2,2 meter. Beratnya 1.025 kg. Rodanya terbuat dari aluminium. Rover ini juga memiliki tangan robot untuk menjalankan tugasnya.

Perseverance dilengkapi sederet peralatan canggih sebagai berikut.

  1. Mastcam-Z
    Kamera canggih yang berfungsi sebagai matanya. Bukan cuma zoom in-zoom out, tapi bisa mendeteksi kondisi mineral.
  2. SuperCam
    Untuk pemotretan, analisa kimia dan mineral.
  3. Planetary Instrument for X-Ray Lithochemistry (PIXL)
    Ini adalah alat sinar X untuk meneliti komposisi permukaan Mars.
  4. Scanning Habitable Environments with Raman & Luminescence for Organics and Chemicals (SHERLOC)
    Ini adalah spektometer untuk pemetaan mineral.
  5. Mars Oxygen In-Situ Resource Utilization Experiment (MOXIE)
    Alat ini untuk eksperimen menciptakan oksigen dari karbon dioksida
  6. Mars Environmental Dynamics Analyzer (MEDA)
    Ini adalah alat untuk mengukur suhu, angin, kelembaban radiasi dll.
  7. Radar Imager for Mars' Subsurface Experiment (RIMFAX)
    Perserverance juga punya radar menembus dasar tanah namanya RIMFAX
  8. Helikopter Ingenuity
    Robot rover ini punya drone helikopter bernama Ingenuity yang bertenaga surya. Drone ini akan terbang 31 hari setelah Perseverance mendarat di Mars.

Dengan sederet kecanggihan ini, dunia pun menunggu apalagi yang akan ditemukan robot rover penjelajah Perseverance di Planet Mars.

0 komentar:

Posting Komentar

Kursus HP Jogja

PAKET PILIHAN HEMAT BELAJAR SERVIS SESUAI KEBUTUHAN

1. Paket Software, mendapatkan tutorial dan file Software 4 Tera Data (belum termasuk HDD) Biaya Rp. 1.000.000 (belajar sendiri)

2. Paket Hardware, mendapatkan SpyBerry Tutorial Hardware dalam bentuk flasdisk 8Gb Biaya Rp. 1.500.000 (belajar sendiri)

3. Paket Pelatihan Software, mendapatkan tutorial dan file Software 4 Tera Data (belum termasuk HDD) Biaya Rp. 1.500.000 Waktu Pelatihan 6 hari

4. Paket Pelatihan Hardware, mendapatkan SpyBerry Tutorial Hardware dalam bentuk flasdisk 8Gb Biaya Rp. 2.000.000 Waktu Pelatihan 6 hari

5. Paket Pelatihan Software, mendapatkan tutorial dan file Software 4 Tera Data (belum termasuk HDD) Biaya Rp. 3.000.000 Waktu Pelatihan 30 hari

6. Paket Pelatihan Hardware, mendapatkan SpyBerry Tutorial Hardware dalam bentuk flasdisk 8Gb Biaya Rp. 4.000.000 Waktu Pelatihan 30 hari

INFO : www.KursusHP.com

SpyBerry Tutorial Hardware

Hdd 4 Terabyte Data

Alamat Pelatihan :

BagusLabs Flasher
Jl. Pamungkas km.2
Telp/Wa 0899 506 9969
Yogyakarta

Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kita semua

KursusHP.com

Popular Posts