KursusHP ServisHP Servis EMMC Ganti EMMC kursus teknisi handphone kursus reparasi handphone kursus servis handphone kursus bongkar pasang handphone kursus ganti LCD handphone kursus ganti baterai handphone kursus ganti kamera handphone kursus ganti flash handphone kursus ganti speaker handphone kursus ganti port charger handphone kursus ganti komponen handphone lainnya kursus teknisi handphone murah kursus teknisi handphone cepat kursus teknisi handphone bergaransi kursus teknisi hanpphone dekat

Jumat, 22 Juli 2011

Telkomsel Siap Ngebut dengan 4G LTE


Ilustrasi (Ist.)

Beijing - Telkomsel menyatakan kesiapannya menggelar layanan seluler mutakhir generasi keempat, Long Term Evolution (LTE). Teknologi yang memungkinkan peak kecepatan akses internet sampai ratusan Mbps ini diprediksi tidak lama lagi akan menghampiri Indonesia.

"Intinya kami sudah siap menggelar layanan 4G LTE. Kami sudah melakukan trial infrastruktur LTE kami secara live dan komprehensif," ucap Pratignyo A Budiman, GM Strategic Technology Planning Telkomsel di Beijing dalam ajang Telkomsel Media Education 2011.

Telkomsel pun telah menggandeng beberapa penyedia infrastruktur jaringan LTE. Selain dengan Huawei, Telkomsel juga menjalin kerja sama dengan Nokia Siemens Network, Ericsson dan ZTE.

Namun peluncuran layanan 4G LTE secara komersial di Indonesia masih membutuhkan beberapa syarat di samping kesiapan dari sisi operator. Salah satu yang paling penting adalah keputusan dari regulator, terutama soal ketersediaan alokasi frekuensi LTE.

"Ibaratnya kami sudah punya kereta dengan kecepatan tinggi, namun masih menunggu agar relnya dibangun terlebih dahulu," jelas GM Corporate Communication Telkomsel, Ricardo Indra.

Jika dibandingkan dengan negara lain, Indonesia dinilai belum terlalu terlambat dalam pengembangan teknologi LTE. Menurut Indra, Indonesia termasuk di kisaran 60 besar negara yang pertama kali melakukan trial LTE. Padahal, jumlah operator secara global di kisaran 400-an.

Lalu, kapan kira-kira 4G LTE besutan Telkomsel akan bisa dinikmati masyarakat banyak? Menilik kesiapan regulasi dan situasi yang berkembang sekarang, Indra pun mengungkapkan prediksinya.

"Paling cepat LTE akan digelar di Indonesia pada akhir tahun 2012 atau pada awal tahun 2013," ujarnya.

( fyk / ash )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages