KursusHP ServisHP Servis EMMC Ganti EMMC kursus teknisi handphone kursus reparasi handphone kursus servis handphone kursus bongkar pasang handphone kursus ganti LCD handphone kursus ganti baterai handphone kursus ganti kamera handphone kursus ganti flash handphone kursus ganti speaker handphone kursus ganti port charger handphone kursus ganti komponen handphone lainnya kursus teknisi handphone murah kursus teknisi handphone cepat kursus teknisi handphone bergaransi kursus teknisi hanpphone dekat

Minggu, 03 Maret 2019

5G Bakal Musnahkan WiFi

Foto: ThinkstockFoto: Thinkstock


Jakarta - Pada 2020, diperkirakan bakal ada lebih dari 549 juta titik WiFi di seluruh dunia. Hal tersebut berlaku baik yang disediakan oleh pemerintah maupun swasta.

Dari sektor swasta, salah satu penyedia WiFi tersebut tentu perusahaan telekomunikasi, atau provider. Dengan semakin meningkatnya kebutuhan untuk browsing, streaming, hingga download, membuat mereka juga harus menyediakan WiFi selain data seluler.

Menariknya, pengembangan 5G bisa membuat mereka hanya fokus pada data seluler saja dan meninggalkan WiFi. 


Teknologi jaringan generasi kelima itu disebut akan meningkatkan persaingan antara provider dengan penyedia koneksi lewat WiFi lainnya. 

Jaringan 5G menjanjikan biaya yang lebih murah untuk bisa menghubungkan beberapa perangkat ke jaringan data seluler misalnya, pada smartphone. 

Hal ini tentu berdampak pada traffic yang semakin tinggi, serta peningkatan pemasukan bagi perusahaan telekomunikasi. 

Ronan Dunne, Executive Vice President and President of Verizon Wireless, mengatakan bahwa konsumen harusnya bisa meninggalkan WiFi di rumah begitu layanan 5G digelar. 

Satu catatan, hal tersebut juga membutuhkan ketersediaan teknologi untuk menyebarkan sinyalnya ke rumah-rumah.

Meski demikian, untuk bisa melihat dunia yang benar-benar tanpa WiFi, para pembuat gadget harus mengganti hampir seluruh perangkat terkoneksi internet di pasar. Hal ini tentu meningkatkan biaya mengingat mereka harus menyiapkan chip yang mendukung 5G.

Sampai saat ini, untuk smartphone misalnya, memang belum banyak yang sudah mendukung teknologi jaringan kelima. Salah satu vendor yang sudah mengarah ke sana adalah Samsung dengan merilis Galaxy S10 5G baru-baru ini. 


Sedangkan di sisi lain, WiFi juga menunjukkan perkembangannya sendiri. Tengok saja WiFi 6 yang menjanjikan kecepatan download bahkan lebih cepat dari spesifikasi awal pada 5G, walau itu tergantung dari kemampuan masing-masing router. 

Baik penyedia layanan WiFi maupun data seluler ibarat tengah berlomba menawarkan koneksi terbaik untuk memenangkan pasar. Tentu menarik untuk ditunggu, mana yang akan merebut hati pengguna internet, 5G atau WiFi 6. Kalau kamu pilih mana?(rns/rns)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages