12.02   BagusLabs®™   , ,    No comments
Rachmatunnisa - detikinet

ilustrasi (ist)

Jakarta - Tunanetra pun tak lama lagi akan bisa menggunakan BlackBerry. Sebab kabarnya, Research In Motion (RIM) selaku produsen ponsel cerdas tersebut tengah mengembangkan aplikasi BlackBerry khusus untuk tunanetra yang bisa membaca layar.

Menyeruaknya rumor ini bermula dari pemberitaan yang menyebutkan bahwa RIM telah mendaftarkan hak paten aplikasi terbaru. Paten tersebut diketahui berhubungan dengan fitur optimalisasi BlackBerry untuk pengguna tunanetra.

Tepatnya pada 22 Januari 2010 silam, RIM mendaftarkan hak paten aplikasi tersebut ke United States Patent and Trademark Office (USPTO). Aplikasi yang digambarkan sebagai 'multi-tap keyboard user interface' ini berfungsi memberikan feedback suara sehingga memudahkan tunanetra untuk mengetik di BlackBerry. Demikian keterangan yang dikutip detikINET dari Mobile Crunch, Senin (17/5/2010).

Aplikasi yang akan dibenamkan pada BlackBerry tersebut menangkap perintah atau tombol yang ditekan penggunanya pada papan ketik, kemudian memberitahukan kepada pengguna tombol apa yang telah ditekannya dalam bentuk suara. Selain itu, BlackBerry yang dilengkapi aplikasi ini juga bisa membantu menjelaskan menu apa saja yang ditampilkan BlackBerry melalui suara.

Hingga saat ini belum ada pembenaran atau penyangkalan resmi dari RIM terkait hal ini. Namun yang jelas, RIM saat ini tengah mengembangkan aplikasi yang dapat membantu orang-orang dengan keterbatasan penglihatan agar bisa turut mencicipi teknologi. ( ash / ash )

0 komentar:

Posting Komentar

Kursus HP Jogja

PAKET PILIHAN HEMAT BELAJAR SERVIS SESUAI KEBUTUHAN

1. Paket Software, mendapatkan tutorial dan file Software 4 Tera Data (belum termasuk HDD) Biaya Rp. 1.000.000 (belajar sendiri)

2. Paket Hardware, mendapatkan SpyBerry Tutorial Hardware dalam bentuk flasdisk 8Gb Biaya Rp. 1.500.000 (belajar sendiri)

3. Paket Pelatihan Software, mendapatkan tutorial dan file Software 4 Tera Data (belum termasuk HDD) Biaya Rp. 1.500.000 Waktu Pelatihan 6 hari

4. Paket Pelatihan Hardware, mendapatkan SpyBerry Tutorial Hardware dalam bentuk flasdisk 8Gb Biaya Rp. 2.000.000 Waktu Pelatihan 6 hari

5. Paket Pelatihan Software, mendapatkan tutorial dan file Software 4 Tera Data (belum termasuk HDD) Biaya Rp. 3.000.000 Waktu Pelatihan 30 hari

6. Paket Pelatihan Hardware, mendapatkan SpyBerry Tutorial Hardware dalam bentuk flasdisk 8Gb Biaya Rp. 4.000.000 Waktu Pelatihan 30 hari

INFO : www.KursusHP.com

SpyBerry Tutorial Hardware

Hdd 4 Terabyte Data

Alamat Pelatihan :

BagusLabs Flasher
Jl. Pamungkas km.2
Telp/Wa 0899 506 9969
Yogyakarta

Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kita semua

KursusHP.com

Popular Posts