KursusHP ServisHP Servis EMMC Ganti EMMC kursus teknisi handphone kursus reparasi handphone kursus servis handphone kursus bongkar pasang handphone kursus ganti LCD handphone kursus ganti baterai handphone kursus ganti kamera handphone kursus ganti flash handphone kursus ganti speaker handphone kursus ganti port charger handphone kursus ganti komponen handphone lainnya kursus teknisi handphone murah kursus teknisi handphone cepat kursus teknisi handphone bergaransi kursus teknisi hanpphone dekat

Senin, 24 Mei 2010

RIM Siapkan Aplikasi Pembaca Layar BlackBerry

Rachmatunnisa - detikinet

ilustrasi (ist)

Jakarta - Tunanetra pun tak lama lagi akan bisa menggunakan BlackBerry. Sebab kabarnya, Research In Motion (RIM) selaku produsen ponsel cerdas tersebut tengah mengembangkan aplikasi BlackBerry khusus untuk tunanetra yang bisa membaca layar.

Menyeruaknya rumor ini bermula dari pemberitaan yang menyebutkan bahwa RIM telah mendaftarkan hak paten aplikasi terbaru. Paten tersebut diketahui berhubungan dengan fitur optimalisasi BlackBerry untuk pengguna tunanetra.

Tepatnya pada 22 Januari 2010 silam, RIM mendaftarkan hak paten aplikasi tersebut ke United States Patent and Trademark Office (USPTO). Aplikasi yang digambarkan sebagai 'multi-tap keyboard user interface' ini berfungsi memberikan feedback suara sehingga memudahkan tunanetra untuk mengetik di BlackBerry. Demikian keterangan yang dikutip detikINET dari Mobile Crunch, Senin (17/5/2010).

Aplikasi yang akan dibenamkan pada BlackBerry tersebut menangkap perintah atau tombol yang ditekan penggunanya pada papan ketik, kemudian memberitahukan kepada pengguna tombol apa yang telah ditekannya dalam bentuk suara. Selain itu, BlackBerry yang dilengkapi aplikasi ini juga bisa membantu menjelaskan menu apa saja yang ditampilkan BlackBerry melalui suara.

Hingga saat ini belum ada pembenaran atau penyangkalan resmi dari RIM terkait hal ini. Namun yang jelas, RIM saat ini tengah mengembangkan aplikasi yang dapat membantu orang-orang dengan keterbatasan penglihatan agar bisa turut mencicipi teknologi. ( ash / ash )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages