KursusHP ServisHP Servis EMMC Ganti EMMC kursus teknisi handphone kursus reparasi handphone kursus servis handphone kursus bongkar pasang handphone kursus ganti LCD handphone kursus ganti baterai handphone kursus ganti kamera handphone kursus ganti flash handphone kursus ganti speaker handphone kursus ganti port charger handphone kursus ganti komponen handphone lainnya kursus teknisi handphone murah kursus teknisi handphone cepat kursus teknisi handphone bergaransi kursus teknisi hanpphone dekat

Senin, 08 Februari 2010

Symbian Jadi 100% Open Source

Ardhi Suryadhi - detikinet

Ilustrasi (codeproject)

San Fransisco - Platform perangkat genggam yang digawangi Nokia, Symbian, siap mengusung model open source seluruhnya. Dengan demikian, para vendor bakal lebih bebas berkreasi membuat perangkat besutannya..

Platform Symbian 3, termasuk di antaranya aplikasi, middleware dan sistem kernelnya, akan ditawarkan di bawah lisensi Eclipse Public dan lisensi open source lainnya.

"Anda bisa mengunduh dan memodifikasinya," ujar Larry Berkin, Head of Global Alliances Symbian Foundation, dikutip detikINET dari Info World, Jumat (5/2/2010).

Nantinya, lanjut Berkin, para vendor ponsel bisa memodifikasi source code tersebut dan mengembangkan perangkat beragam. "User akan melihat, beragam perangkat berbasis Symbian mulai dari jajaran smartphone hingga kamera dan perangkat gaming," tukasnya.

Saat ini, diperkirakan sudah ada sekitar 330 juta unit perangkat yang mengusung Symbian dengan 5 perusahaan menjadi manufaktur utama, yakni Nokia, Samsung, Sony Ericsson, Fujitsu dan Sharp.

Langkah Symbian ini terbilang strategis untuk memperkuat pasar mereka. Terlebih persaingan di pasar sistem operasi perangkat genggam kian sengit, dengan agresifitas Android besutan Google yang menjadi-jadi.
( ash / faw )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages