KursusHP ServisHP Servis EMMC Ganti EMMC kursus teknisi handphone kursus reparasi handphone kursus servis handphone kursus bongkar pasang handphone kursus ganti LCD handphone kursus ganti baterai handphone kursus ganti kamera handphone kursus ganti flash handphone kursus ganti speaker handphone kursus ganti port charger handphone kursus ganti komponen handphone lainnya kursus teknisi handphone murah kursus teknisi handphone cepat kursus teknisi handphone bergaransi kursus teknisi hanpphone dekat

Sabtu, 05 Desember 2009

Smart Pelopori Uji Coba EDVO Rev B

By Republika Newsroom


Smart Pelopori Uji Coba EDVO Rev B
DIAN METHA ARYANTI/REPUBLIKA

PT Smart Telecom Tbk mengumumkan uji coba teknologi EDVO Rev B, dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis (5/11)

JAKARTA--Setelah menjadi pioner penggunaan teknologi EVDO Rev A secara komersial pada telekomunikasi nirkabel, PT Smart Telecom Tbk melanjutkan penyempurnaan kualitas broadband dengan mengembangkan teknologi EVDO Rev B.

Smart akan melakukan uji coba teknologi EVDO (Evolution Data Optimized) Rev B tersebut di Bali pada 10 Desember 2009. Uji coba ini akan dilakukan dalam waktu 2-3 bulan sebelum teknologi ini diluncurkan secara komersial pada kuartal pertama 2010.

''Smart akan menjadi operator pertama yang meluncurkan teknologi ini secara komersial baik di Indonesia maupun Asia Pasifik. Kami ingin jadi pelopor di teknologi Rev B. Uji coba ini akan dilakukan secara pararel dengan negara lain seperti Jepang, Cina dan Maroko,'' ungkap Division Head Core Product & Branding PT Smart Telecom Tbk, Ruby Hermanto.

Teknologi EVDO Rev B Smart di Bali akan didukung oleh 48 BTS Rev A dan ditingkatkan menjadi Rev B serta dua carrier. Smart berjanji akan meningkatkan jumlah carrier menjadi tiga pada saat komersial nanti. Dengan tiga kanal, kecepatan akses data dengan teknologi EVDO Rev B akan meningkat tiga kali lipat.

Pemilihan Bali sebagai tempat uji coba dan peluncuran komersial teknologi EVDO Rev B, bukan tanpa alasan. Menurut Ruby, Bali adalah pasar yang potensial.

Pasalnya, permintaan akan internet di daerah tersebut sangat tinggi, namun masih terhambat harga yang mahal. Uji coba ini akan menjadi benchmarkbagi kota-kota lain di Indonesia.

Ruby menambahkan, saat ini Smart menggunakan teknologi Rev A di lima kota, yaitu Jabodetabek, Surabaya, Yogyakarta, Bandung dan Bali. Hingga akhir tahun nanti, Smart akan memperluas jangkauan EVDO Rev A-nya di 32 kota. Jika uji coba EVDO Rev B di Bali berhasil, Smart akan meluncurkan teknologi tersebut di 32 kota secara serentak. Hal ini didukung oleh teknologi dari Qualcomm dan pengembangan oleh ZTE.

Lalu apa kehebatan EVDO Rev B bila dibanding pendahulunya? Menurut Country Manager Qualcomm Incorporated Indonesia, Harry K. Nugroho, EVDO Rev B adalah pengembangan dari teknologi Rev A yang memiliki kapasitas lebih besar dan kecepatan yang lebih tinggi.

Kecepatan melakukan download dengan teknologi Rev A saja mencapai 3,1 Megabit per detik (Mbps) dan upload 1,8 Mbps. Sementara Rev B, lanjutnya, terlebih bila bila software mengalami upgrade bisa memperoleh kecepatan 9,3 Mbps (download) hingga 14,7 Mbps (upload).

Angka itu tiga kali lebih cepat ketimbang teknologi GSM. ''Dengan kecepatan ini, lebih banyak layanan yang bisa diberikan pada konsumen,'' ujar Harry.

Sejauh ini, kata dia, jumlah pelanggan CDMA di dunia mencapai 445 juta pelanggan , dimana 135 jutanya juga menggunakan pelanggan EVDO. Dia pun optimis, berkat pengembangan EVDO Rev B, jumlah pengguna EVDO terus bertambah.

EDVO Rev B, membuat pengguna bisa menikmati streaming video high definition, gaming, video telephony, sesi remote console dan melakukan browsing lebih lancar. Tak hanya itu teknologi EVDO Rev B pun mampu mendongkrak waktu bicara dan waktu standby ponsel. mth/cr2/itz

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages