KursusHP ServisHP Servis EMMC Ganti EMMC kursus teknisi handphone kursus reparasi handphone kursus servis handphone kursus bongkar pasang handphone kursus ganti LCD handphone kursus ganti baterai handphone kursus ganti kamera handphone kursus ganti flash handphone kursus ganti speaker handphone kursus ganti port charger handphone kursus ganti komponen handphone lainnya kursus teknisi handphone murah kursus teknisi handphone cepat kursus teknisi handphone bergaransi kursus teknisi hanpphone dekat

Sabtu, 05 Desember 2009

Smart Telecom Siap Ujicoba EV-DO Rev B

EV-DO Rev B memberikan kecepatan lebih tinggi. Hingga 9,3/5,4Mbps untuk download/upload.

Muhammad Firman, Muhammad Chandrataruna
foto ilustrasi bts

VIVAnews - Meningkatkan kualitas layanan datanya di ranah CDMA, Smart Telecom mengumumkan kesiapannya untuk menggelar ujicoba jaringan EV-DO Rev B. Rencananya, uji coba secara komersial akan digelar pada Desember mendatang.


Ujicoba jaringan Smart yang baru diupgrade itu dijadwalkan pada 10 Desember 2009 mendatang di Bali selama kurun waktu 2-3 bulan. Ujicoba tersebut memanfaatkan 48 base transceiver station (BTS) miliknya dan dua carrier, yakni ZTE dan Qualcomm.

Kabarnya, pada saat diluncurkan secara komersial tahun depan, akan ada satu carrier lagi yang akan dirangkul Smart.

“Bali dipilih karena selain interest untuk layanan datanya tinggi, jaringan dan jangkauan kami di Pulau Dewata cukup mumpuni untuk diselenggarakan ujicoba,” kata Ruby Hermanto, Division Head Core Product and Branding Smart Telecom, di sela jumpa pers Smart di Jakarta, 5 November 2009.

EV-DO Rev B adalah pengembangan teknologi Rev A yang mampu memberikan kecepatan lebih cepat, yakni hingga 9,3 Mbps untuk download dan 5,4 Mbps untuk upload. Dibandingkan EV-DO Rev A, kecepatannya baru mencapai hingga 3,1 Mbps untuk download dan 1,8 Mbps untuk upload.

“Dengan kecepatan hingga tiga kali lipat tersebut, pelanggan dapat merasakan layanan baru, seperti high definition video streaming, dan lebih nyaman dalam menggunakan video telephony, remote console, browsing, gaming, dan lainnya,” ucap Ruby.

Setelah ujicoba selama 2-3 bulan tadi, Smart Telecom berencana untuk meluncurkan sekaligus mengekspansi teknologi baru tersebut ke Jabodetabek, Surabaya, Yogyakarta, Bali, dan Padang. Sementara wilayah lain, Smart akan tetap agresif mengupgrade jaringan 1x EV-DO menjadi jaringan EV-DO Rev A, meliputi 32 kota di Jawa, Bali, Sumatera, dan Sulawesi.

• VIVAnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages