KursusHP ServisHP Servis EMMC Ganti EMMC kursus teknisi handphone kursus reparasi handphone kursus servis handphone kursus bongkar pasang handphone kursus ganti LCD handphone kursus ganti baterai handphone kursus ganti kamera handphone kursus ganti flash handphone kursus ganti speaker handphone kursus ganti port charger handphone kursus ganti komponen handphone lainnya kursus teknisi handphone murah kursus teknisi handphone cepat kursus teknisi handphone bergaransi kursus teknisi hanpphone dekat

Kamis, 11 November 2010

Jamming di Merapi Membabi Buta, Telekomunikasi Darurat Kian Terganggu


(Ist)

Jakarta - Aksi jamming yang dilakukan oknum di kawasan sekitar Merapi kian parah. Akibatnya jelas, akses telekomunikasi darurat di kawasan tersebut kian terganggu.

"Ulah pengganggu frekuensi komunikasi HT (Handy Talkie) posko-posko pemantau Gunung Merapi semakin membabi buta. Ini dilakukan pada saat situasi genting Sabtu pagi dimana Merapi terjadi erupsi lagi," keluh Gana Arditya selaku Kabid HUMAS APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) Korwil DIY.

Komunikasi HT yang di-streaming di internet ini, dikatakan Gana dalam keterangannya, Sabtu (06/11/2010), dapat dimonitor oleh pemakai HT, juga dapat dimonitor oleh pengguna internet, baik yang berada di Jogja dan sekitarya dan diluar Jogja.

Ditambahkan olehnya, info yang dikomunikasikan antar petugas posko sangat bermanfaat bagi semua orang agar tidak panik dengan situasi yang terjadi, dan tentunya berguna dalam menyampaikan pengarahan koordinasi untuk evakuasi saat situasi genting.

"Ada baiknya jika ulah oknum pengganggu ini segera dihentikan, dan kalau perlu ditindaklanjuti dengan mengadukan ke kepolisian, karena sudah sangat mengganggu jalur komunikasi penting saat kejadian bencana.

Hal ini juga mengundang kecaman dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) yang disampaikan melalui Kepala Pusat Informasi Kementerian Kominfo Gatot S Dewabroto. "Instansi manapun tidak diperkenankan melakukan jamming. Semua harus tunggu perintah dari Jakarta (Kominfo)," kata Gatot.
( rns / rns )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages