KursusHP ServisHP Servis EMMC Ganti EMMC kursus teknisi handphone kursus reparasi handphone kursus servis handphone kursus bongkar pasang handphone kursus ganti LCD handphone kursus ganti baterai handphone kursus ganti kamera handphone kursus ganti flash handphone kursus ganti speaker handphone kursus ganti port charger handphone kursus ganti komponen handphone lainnya kursus teknisi handphone murah kursus teknisi handphone cepat kursus teknisi handphone bergaransi kursus teknisi hanpphone dekat

Senin, 08 Maret 2021

Teknologi Deepfake 'Hidupkan' Foto Jadul Bikin Takjub dan Takut

 MyHeritage

Jakarta - Teknologi deepfake semakin pesat perkembangannya, bahkan sudah bisa dicoba oleh semua orang yang menginginkannya. Di sisi lain menakjubkan tapi juga cukup menakutkan.

Salah satu yang belakangan viral adalah besutan MyHeritage. Pada akhir Februari 2021 mereka merilis fitur baru bernama Deep Nostalgia. Fitur tersebut langsung mendadak populer lantaran membuat siapapun bisa 'menghidupkan koleksi foto jadulnya dengan mudah.

Akhirnya, banyak orang mencoba untuk menghidupkan kembali orang-orang tersayang yang hanya tersisa dalam bentuk foto. Dengan aplikasi ini, nenek atau kakek misalnya, bisa menjadi seperti video, hidup, bergerak dan tersenyum.

Untuk diketahui, deepfake merupakan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) yang bisa membuat video ataupun audio palsu menggunakan referensi material yang sudah ada.

"Saya menggunakan My Heritage untuk menganimasikan nenek saya dari foto yang diambil beberapa tahun sebelum saya lahir. Saya kira ini menarik dan juga agak menakutkan meskipun saya tahu tentang dia. Menakutkan," tulis seorang netizen.

"Saya melakukannya di foto orang tua saat mereka masih muda dan membuat saya emosional karena ayah meninggal saat saya masih bayi. Ibu saya terlihat cantik tapi anak saya ketakutan melihatnya," sebut yang lain.

Pihak MyHeritage sendiri menyadari hal itu. "Beberapa orang suka dengan fitur Deep Nostalgia dan menganggapnya magis, sementara yang lain menilainya menakutkan dan tidak suka. Memang benar bahwa hasilnya bisa kontroversial," sebut mereka yang dikutip detikINET dari Forbes, Senin (8/3/2021).

"Kami mengundang Anda untuk membuat video dengan fitur ini dan membagikannya di media sosial untuk melihat apa yang dipikirkan teman dan keluarga Anda. Fitur ini ditujukan untuk soal nostalgia, untuk menghidupkan kembali nenek kakek kita tercinta," tambah My Heritage.

Saat menggunakan deepfake Deep Nostalgia, MyHeritage memperingatkan pengguna agar tidak mengunggah foto orang yang masih hidup tanpa persetujuan mereka. Selain itu mereka tidak menambahkan opsi audio. Begini cara memakainya:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages