KursusHP ServisHP Servis EMMC Ganti EMMC kursus teknisi handphone kursus reparasi handphone kursus servis handphone kursus bongkar pasang handphone kursus ganti LCD handphone kursus ganti baterai handphone kursus ganti kamera handphone kursus ganti flash handphone kursus ganti speaker handphone kursus ganti port charger handphone kursus ganti komponen handphone lainnya kursus teknisi handphone murah kursus teknisi handphone cepat kursus teknisi handphone bergaransi kursus teknisi hanpphone dekat

Senin, 11 April 2011

Penderita Gangguan Tangan disediakan Mouse Khusus


ilustrasi (ist)

Jakarta - Sebuah penemuan baru dari para ilmuwan di University of Washington, Amerika Serikat (AS) akan membantu mereka yang memiliki keterbatasan fungsi motorik menggunakan mouse komputer dengan mudah.

Mereka membuat dua kursor mouse yang memudahkan penggunanya ketika mengklik target. Hal ini dimungkinkan dengan bantuan software gratis yang mereka kembangkan.

Jenis kursor pertama yang dinamakan Pointing Magnifier, mengombinasikan area kursor dengan perbesaran visual dan motorik, sehingga pengguna tak selalu harus mengarahkan kursor untuk menunjuk target dengan tepat.

Para peneliti yang tergabung dalam AIM Research Group (AIM) ini menemukan bahwa dengan Pointing Magnifier, pengguna lebih mudah menunjuk target, sekalipun target yang akan diklik sangat kecil.

"Mereka, 23 persen lebih cepat mengarahkan kursor ke target dengan Pointing Magnifier," ujar salah satu peneliti Jacob O. Wobbrock, dikutip detikINET dari Science Daily, Senin (11/4/2011).

Pointing Magnifier juga hanya memerlukan dua kali klik, sehingga mereka yang memiliki keterbatasan fungsi motorik tidak direpotkan dengan keharusan mengklik target berkali-kali.

Jenis kursor lainnya, yakni Angle Mouse. Fungsinya sama seperti Pointing Magnifier, yakni memudahkan penggunaan mouse bagi orang cacat. Namun ada beberapa perbedaan di antara keduanya.

Maka Wobbrock menyarankan bagi mereka yang ingin menggunakan, baiknya mencoba terlebih dahulu kedua jenis kursor sebelum menentukan mana yang lebih cocok.

"Kami mencapai aksesibilitas dengan meningkatkan kemampuan perangkat yang sudah dimiliki pengguna. Membuat komputer lebih 'ramah' bagi siapa saja adalah inti dari karya kami, " kata Wobbrock.

( rns / rou )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages